Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ucapan Aji santoso yang Jadi Kunci Sukses Persebaya Tekuk Bali United

DENPASAR, KOMPAS.com - Pelatih Persebaya Aji Santoso membeberkan kunci kesuksesan timnya mengalahkan Bali United dalam pertandingan putaran kedua Liga 1 2021-2022.

Laga Persebaya vs Bali United digelar di Stadion Ngurah Rai Denpasar, Rabu (5/1/2022) malam, berhasil dimenangi skuad Bajul Ijo dengan skor 3-1.

Menurut Aji, kemenangan ini tidak lepas dari kesungguhan pemainnya dalam menangkap motivasi yang diberikan.

Dalam pertandingan laga tunda pekan 17 Liga 1 2021-2022 ini, Bajul Ijo dalam kondisi yang tidak diunggulkan.

Mereka kehilangan enam pemain sekaligus, yakni Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Rizky Ridho, kiper Ernando Ari, bek asing Alie Sesay, dan Alwi Slamat.

Empat nama pertama absen karena menjalani karantina pascamembela timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Sementara itu, Alie Sesay izin karena mendapatkan panggilan Timnas Sierra Leone untuk Piala Afrika, sedangkan Alwi Slamat absen karena sanksi.

Absennya enam pilar ini membuat Persebaya Surabaya mengalami krisis lini belakang karena hanya ada Arif Satria di posisi bek.

Untuk memenuhi kebutuhan lini belakang, Aji Santoso sampai harus menarik mundur gelandang bertahan Ady Setiawan ke posisi fullback.

Sementara itu, posisi bek tengah dipercayakan kepada M. Syaifuddin yang biasa bermain sebagai fullback.

Meskipun demikian, Persebaya Surabaya mampu bermain apik dengan keterbatasannya dan mengungguli Bali United yang tampil dengan skuad terbaik.

Sejak awal, Aji Santoso menyadari tim dalam kondisi tidak diunggulkan.

Namun, dia meminta satu hal kepada setiap pemain, yakni bertanggung jawab dengan kepercayaan yang diberikan kepada mereka.

“Kami tidak diperkuat enam pemain inti, tapi saya memberikan motivasi kepada pemain siapa pun yang bermain tidak boleh merubah warna atau cara bermain Persebaya,” terang pelatih berusia 51 tahun itu.

“Selain itu, ini juga menjadi kesempatan bagi pemain-pemain yang belum bermain. Saya hanya meminta satu, jawab kesempatan ini dengan bermain bagus.”

“Alhamdulillah Syaifuddin cukup bagus, pemain-pemain yang lain juga cukup bagus.”

Aji Santoso menegaskan, kata-kata motivasi yang darinya berhasil membangkitkan kepercayaan diri pemain Persebaya sehingga sukses mengalahkan Bali United.

“Jadi motivasi itu yang saya sampaikan kepada pemain," kata Aji Santoso.

"Bahwa ini adalah kesempatan bagus dan mereka harus menjawab kesempatan yang diberikan pelatih untuk tampil maksimal, dan alhamdulillah itu dijalankan,“ imbuhnya.

Aji Santoso pun memberikan apresiasi penuh kepada para pemainnya.

Sebab, para pemain tidak sekadar menyerap pesan yang dia sampaikan, tetapi benar-benar menerapkannya di dalam permainan.

Padahal, Persebaya menghadapi Bali United yang merupakan tim bermaterikan pemain-pemain berkualitas dan berpengalaman kelas wahid di Liga Indonesia, seperti Ricky Fajrin, Ilija Spasojevic, serta Fano Lilipaly.

“Namun, pemain-pemain kami bermain sangat dinamis. Kemudian, di babak kedua, memang mereka sedikit kedodoran yang bisa membuat kami mencetak dua gol,” tutur Aji Santoso seusai laga Persebaya vs Bali United.

https://bola.kompas.com/read/2022/01/06/11400078/ucapan-aji-santoso-yang-jadi-kunci-sukses-persebaya-tekuk-bali-united

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke