Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Leg 2 Final Piala AFF, Madam Pang Siapkan Jet Pribadi untuk Kepulangan Tim Thailand

KOMPAS.com - Manajer timnas Thailand Nualphan Lamsam atau yang akrab disapa Madam Pang menyiapkan jet pribadi untuk kepulangan skuad Gajah Perang.

Niat baik Madam Pang yang ingin menyewa jet pribadi untuk timnas Thailand diketahui menjelang leg kedua final Piala AFF 2020 kontra Indonesia.

Adapun final leg kedua Thailand vs Indonesia itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Nasional Singapura pada Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Tanpa mengesampingkan peluang Indonesia, Thailand harus diakui berada dalam posisi yang lebih diunggulkan untuk menjuarai Piala AFF 2020.

Thailand kini unggul agregat 4-0 berkat kemenangan telak yang mereka raih pada leg pertama, Rabu (29/12/2021).

Sebelum mencapai partai puncak Piala AFF 2020, Thailand telah melalui perjalanan panjang dari fase grup.

Mereka menguasai Grup A dengan raihan sempurna, yakni 12 poin dari empat pertandingan.

Selama berjuang di fase grup, Thailand mengalahkan Timor Leste (2-0), Myanmar (4-0), Filipina (2-1), dan tuan rumah Singapura (2-0).

Lalu, di semifinal, Thailand selaku juara Grup A bertanding melawan runner-up Grup B, Vietnam.

Dalam dua leg semifinal kontra Vietnam, Thailand berhasil memetik kemenangan dengan agregat 2-0 sehingga berhak melaju ke partai puncak.

Pada final Piala AFF 2020, Thailand bertemu Indonesia yang datang dengan skuad muda.

Mereka pun sukses memenangi final leg pertama kontra Indonesia dengan skor 4-0 dan memperpanjang tren tak terkalahkan selama pergelaran Piala AFF 2020.

Catatan tak terkalahkan membuat langkah Thailand terlihat mulus. Namun, kenyataannya tidak demikian.

Berdasarkan cerita Madam Pang, Thailand juga melalui masa-masa sulit di tengah turnamen yang berlangsung dengan sistem bubble sebagai bentuk antisipasi terhadap penyebaran virus corona.

Belum lagi adanya berita tidak mengenakkan soal makanan yang disediakan panitia selama pergelaran Piala AFF 2020.

"Saya harus mengakui bahwa hidup dan berkompetisi dalam sistem bubble benar-benar tidak nyaman untuk semua orang. Ini membuat segalanya lebih sulit jika berlangsung dalam waktu lama," kata Madam Pang, dikutip dari The Thao 247.

"Saya menghormati semuanya, tetapi saya harus mengakui bahwa kondisi makanan di sini tidak terlalu bagus," ujar Madam Pang.

Setelah melihat kondisi tersebut, Madam Pang berinisiatif menyewa jet pribadi sebagai transportasi kepulangan skuad Gajah Perang ke Thailand.

Madam Pang pun tampak tak tega ketika membayangkan para pemain dan staf yang membawa banyak barang bawaan harus menunggu pesawat di penerbangan umum.

"Kami datang ke Singapura untuk bertanding, bukan bepergian atau hang out bersama keluarga," ucap Madam Pang.

"Bayangkan saja, tim sepak bola dengan banyak barang bawaan dan menunggu pesawat benar-benar merepotkan," katanya.

"Saya pikir menyewa jet pribadi akan memberi seluruh tim rasa nyaman, dan yang terpenting, ini juga membantu mencegah banyaknya kontak di tengah pandemi," ujar Madam Pang.

"Tentu saja, kami akan melakukan tes (Covid-19) secara meyeluruh sehingga para pemain bisa kembali dengan aman dan selamat ke keluarga mereka," tutur milarder kenamaan di Thailand tersebut.

Inisiatif Madam Pang untuk menyewa jet pribadi hanya salah satu dari sederet kontribusi yang telah ia berikan kepada timnas Thailand.

Soal hal yang sifatnya materiel, Madam Pang sebelumnya telah memberikan hadiah iPhone 13, jam tangan Rolex, dan designer bags, kepada pemain serta staf pelatih timnas Thailand usai lolos dari fase grup.

Selain itu, Madam Pang yang disebut sebagai distributor pertama brand Hermes di Thailand, juga menjanjikan bonus senilai 26 juta baht atau Rp 11 miliar jika skuad Gajah Perang menjuarai Piala AFF 2020.

Bonus itu juga diketahui merupakan hasil "patungan" dari sejumlah perusahaan swasta di Thailand.

Madam Pang tak hanya memberikan kontribusi materiel. Selain itu, dia juga memiliki keterampilan membangun hubungan dan suasana positif di antara skuad Gajah Perang.

"Madam Pang memberi angin segar ke dalam tim Thailand. Pemimpin tim tahu bagaimana menciptakan suasana di antara anggota tim melalui berbagai kegiatan kolektif," kata salah satu pemain Thailand, Supachok Sarachat.

https://bola.kompas.com/read/2022/01/01/11150008/leg-2-final-piala-aff-madam-pang-siapkan-jet-pribadi-untuk-kepulangan-tim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke