Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Laga Dramatis Indonesia Vs Singapura Ciptakan Sejarah Baru di Piala AFF

KOMPAS.com - Laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia dan Singapura menciptakan sejarah baru.

Melansir media Vietnam The Thao 247, ini merupakan kali pertama dalam sejarah Piala AFF, sebuah tim menerima tiga kartu merah pada laga fase gugur.

"Keputusan wasit (mengeluarkan tiga kartu merah) itu menciptakan pertandingan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah Piala AFF," tulis The Thao 247, Minggu (26/12/2021).

"Dengan demikian, untuk pertama kalinya di babak sistem gugur, sebuah tim harus menerima hingga tiga kartu merah dalam satu pertandingan dan mengakhiri duel dengan hanya delapan orang di lapangan."

Semua kartu merah pada pertandingan Indonesia vs Singapura yang digelar di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021), adalah untuk kubu The Lions.

Tercatat, ada tiga pemain Singapura berbeda yang diusir wasit, yakni Safuwan Baharudin, Irfan Fandi, dan Hassan Sunny.

Safuwan Baharudin menerima kartu kuning kedua pada masa injury time babak pertama usai terlibat friksi dengan Rizky Ridho.

Saat Safuwan keluar, papan skor menunjukkan 1-0 untuk timnas Indonesia. Indonesia unggul lebih dulu pada menit ke-11 lewat gol Ezra Walian.

Namun, selang beberapa saat, Singapura membalas lewat aksi Song Ui-young (45+4').

Setelah Safuwan, giliran Irfan Fandi yang memperoleh kartu merah. Bek timnas Singapura itu diusir dari lapangan pada menit ke-67 akibat melanggar Irfan Jaya.

Kehilangan Safuwan dan Irfan, Singapura malah membuat kejutan. Mereka berbalik unggul pada menit ke-74 lewat tendangan bebas Shahdan Sulaiman.

Namun, 13 menit berselang, skor menjadi imbang 2-2 setelah timnas Indonesia mencetak gol lewat Pratama Arhan.

Singapura sejatinya punya kesempatan untuk memenangi laga, tetapi urung karena penalti Faris Ramli pada menit ke-90+1 ditepis Nadeo Argawinata. Laga pun dilanjutkan ke extra time.

Pada babak perpanjangan waktu, Indonesia menambah dua gol, masing-masing lewat bunuh diri Shawal Anual (91') dan sepakan Egy Maulana Vikri (105+2').

Saat laga akan berakhir, Singapura kehilangan kiper mereka, Hassan Sunny. Sang penjaga gawang dikartu merah karena menjegal Irfan Jaya.

Pertandingan pun berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan timnas Indonesia arahan Shin Tae-yong. 

Skuad Garuda pun berhak maju ke final Piala AFF 2020 dengan mengantongi keunggulan agregat 5-3 (leg pertama 1-1) atas Singapura.

Timnas Indonesia tinggal menunggu pemenang laga Thailand vs Vietnam untuk mereka lawan di final Piala AFF 2020.

https://bola.kompas.com/read/2021/12/26/20200078/laga-dramatis-indonesia-vs-singapura-ciptakan-sejarah-baru-di-piala-aff

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke