Salin Artikel

Hasil Semifinal Piala AFF: Indonesia Produktif, Runtuhnya Rekor Park Hang-seo di Tangan Thailand

KOMPAS.com - Timnas Indonesia dan Thailand meraih hasil berbeda pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 atau AFF Cup 2020. 

Timnas Indonesia yang melawan Singapura, lebih dulu melakoni pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 pada Rabu (22/12/2021). 

Bertanding di Stadion Nasional Singapura, Indonesia tak berhasil memetik kemenangan setelah bermain imbang 1-1. 

Gol skuad Garuda dibukukan oleh Witan Sulaeman pada menit ke-28, sebelum Ikhsan Fandi membawa Singapura menyamakan kedudukan pada menit ke-70. 

Pelatih tim Garuda, Shin Tae-yong, tidak puas dengan hasil imbang yang diraih anak asuhnya dalam laga Singapura vs Indonesia. 

Akan tetapi, sang pelatih juga mengatakan bahwa hasil tak menguntungkan ini sudah masuk dalam perkiraannya.

Sebab, ia sudah menduga bahwa ada saatnya timnas Indonesia mengalami kelelahan. 

"Pastinya tidak memuaskan. Saya sudah menduga bahwa ada saatnya timnas Indonesia lelah dan ini yang sedang kami alami," kata Shin Tae-yong. 

"Namun, lebih baik lelahnya datang sekarang supaya kami bisa mempersiapkan diri untuk laga berikutnya dengan lebih baik lagi," ucap Shin Tae-yong. 

Meski tak berhasil menang pada leg pertama, gol Witan Sulaeman menegaskan status Indonesia sebagai tim paling produktif di Piala AFF 2020. 

Laman resmi Piala AFF mencatat, timnas Indonesia sejauh ini mengoleksi 14 gol dalam 5 laga (2,8 gol per gim), dengan 13 di antaranya dicetak pada fase grup.

Sebagai perbandingan, saat melaju sampai final Piala AFF 2016, tim Garuda saat itu mengemas 12 gol dalam 7 pertandingan (1,7 gol per gim). 

Di sisi lain, Thailand memetik kemenangan 2-0 atas Vietnam pada laga yang berlangsung di venue sama pada Kamis (23/12/2021). 

Thailand menang berkat dua gol yang semua diborong oleh Chanathip Songkrasin alias Messi Jay pada menit ke-14 dan ke-23. 

Meski demikian, tim berjuluk Gajah Perang itu enggan euforia berlebihan. Pelatih Thailand, Alexandre Polking, mengingatkan bahwa perjuangan timnya belum selesai. 

"Kami memiliki keuntungan kecil dengan dua gol. Ini adalah langkah pertama yang penting, tetapi ini belum selesai," kata Alexandre, dilansir dari laman resmi Piala AFF. 

Kemenangan Thailand sekaligus meruntuhkan rekor fantastis Park Hang-seo selaku pelatih Vietnam. 

Sebelumnya, media Vietnam, Theo Thao 247, sempat menyebut Park Hang-seo bersama timnya tidak terkalahkan dalam 32 laga beruntun melawan tim Asia Tenggara di berbagai level. 

Vietnam memperpanjang rekor tersebut menjadi 34 laga setelah bermain imbang 0-0 melawan timnas Indonesia dan menang 4-0 atas Kamboja pada partai terakhir Grup B. 

Namun, rekor itu berhenti di angka 34 seiring dengan kekalahan Vietnam dari Thailand pada laga tadi malam. 

Adapun leg kedua semifinal Piala AFF 2020 akan dimulai pada Sabtu (25/12/2021) dengan pertandingan timnas Indonesia vs Singapura. 

Laga kedua kesebelasan akan kembali berlangsung di Stadion Nasional Singapura pukul 19.30 WIB. 

Sementara itu, leg kedua Thailand vs Vietnam dijadwalkan digelar keesokan harinya, Minggu (26//12/2021). 

https://bola.kompas.com/read/2021/12/24/04300088/hasil-semifinal-piala-aff--indonesia-produktif-runtuhnya-rekor-park-hang-seo-di

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.