Salin Artikel

Pesan untuk Pratama Arhan Jelang Semifinal Piala AFF: Jangan Sombong, Tetap Konsentrasi...

KOMPAS.com - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, memberi pesan kepada Pratama Arhan yang tengah berjuang bersama timnas Indonesia pada Piala AFF 2020.

Pratama Arhan menjadi bagian penting dalam perjalanan timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong yang kini telah mencapai semifinal.

Pada semifinal Piala AFF 2020, timnas Indonesia selaku juara Grup B akan melawan tim tuan rumah, Singapura.

Semifinal leg pertama antara timnas Indonesia dan Singapura dijadwalkan berlangsung di National Stadium pada Rabu (22/12/2021) malam WIB.

Sebelum melaju ke semifinal, timnas Indonesia melalui perjalanan sulit di fase grup. Mereka harus bersaing dengan sejumlah tim tangguh seperti Vietnam dan Malaysia.

Di bawah asuhan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, timnas Indonesia berhasil melewati tantangan tersebut.

Mereka finis di puncak klasemen Grup B dengan torehan 10 poin dari hasil tiga kemenangan dan satu kali imbang.

Skuad Garuda, julukan timnas Indonesia, memetik kemenangan kala bersua Kamboja (4-2), Laos (5-1), dan Malaysia (4-1).

Sementara itu, hasil imbang mereka petik setelah berjuang menahan gempuran Vietnam yang tampil dominan sepanjang laga.

Timnas Indonesia menampilkan pertahanan solid hingga menahan imbang Vietnam dengan skor kacamata alias 0-0.

Rentetan hasil itu membuat timnas Indonesia unggul produktivitas gol atas Vietnam yang finis di peringkat kedua.

Perjuangan timnas Indonesia di fase grup Piala AFF 2020 sejatinya mencapai klimaks saat bersua Malaysia, Minggu (19/12/2021).

Pada laga itulah peran penting Pratama Arhan terlihat sangat mencolok. 

Pratama Arhan menyumbangkan satu gol lewat tendangan keras menukik dari luar kotak penalti dan membantu timnas Indonesia menang 4-1 atas Malaysia.

Bek kiri asal Blora itu juga terlibat di balik gol kedua yang dicetak Irfan Jaya. Pergerakannya membuat barisan pertahanan Malaysia kewalahan.

Peran penting Pratama Arhan kemudian mendapat afirmasi dari gelar Man of the Match yang ia raih pada laga kontra Malaysia.

"Arhan dari dulu memang sudah terlihat menonjol, baik di PSIS Semarang, di timnas, apalagi di PSIS U18 dan U20," kata Yoyok Sukawi, dikutip dari BolaSport.com.

"Ya saya bangga dengan keberhasilan Arhan yang bermain cukup fenomenal," ujar Yoyok Sukawi.

Setelah menunjukkan kebanggaannya, Yoyok Sukawi berpesan agar Pratama Arhan tetap rendah hati dan menjaga konsentrasi menjelang semifinal Piala AFF 2020 kontra Singapura.

"Saya harap Arhan jangan jadi sombong, tetap konsentrasi penuh, karena lawan selanjutnya adalah Singapura," ucap Yoyok Sukawi.

"Supaya main lawan Singapura bisa lebih bagus lagi, dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," tutur pria yang menjabat Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut. (Abdul Rohman)

https://bola.kompas.com/read/2021/12/21/06400038/pesan-untuk-pratama-arhan-jelang-semifinal-piala-aff--jangan-sombong-tetap

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.