Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Vs Malaysia: Elkan Baggott Jebol Harimau Malaya, Bukti Garuda Sang Penguasa Udara

KOMPAS.com - Gol Elkan Baggott ke gawang Malaysia menegaskan kepiawaian Indonesia memproduksi ancaman via udara. Skuad Garuda tercatat sudah mengemas tiga gol sundulan di Piala AFF 2020.

Timnas Indonesia menyuguhkan daya juang luar biasa kala bangkit dan menang 4-1 atas Malaysia pada laga terakhir Grup B Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Minggu (20/12/2021).

Skuad Garuda arahan Shin Tae-yong sempat lebih dulu tertinggal akibat gol Kogileswaran Raj (13’).

Respons terbaik lantas diberikan timnas Indonesia yang mengemas empat gol balasan berkat kontribusi Irfan Jaya (36’, 43’), Pratama Arhan (60’), dan Elkan Baggott (82’).

Gol terakhir yang diciptakan Elkan Baggott menunjukkan potensi besar Indonesia dalam duel bola udara via skema sepak pojok.

Gol lahir setelah pemain Ipswich Town itu sukses menanduk masuk servis Evan Dimas dari tendangan penjuru.

Torehan Elkan Baggott ke gawang Harimau Malaya, julukan Malaysia, menjadi penegas bahwa Garuda adalah penguasa udara di Piala AFF 2020.

Sepanjang Piala AFF 2020, timnas Indonesia tercatat sudah mencetak tiga gol sundulan. Semua gol sundulan itu bersumber dari skema sepak pojok.

Sepasang gol lain Indonesia yang lahir via ayunan kepala muncul dalam laga pembuka Grup B kontra Kamboja (4-2). Aktor utamanya adalah Rachmat Irianto.

Dwigol Rachmat Irianto ke gawang Kamboja semuanya bersumber dari tandukan. Pertama ia menyundul masuk tendangan penjuru Evan Dimas.

Pada proses gol kedua Rachmat Irianto ke gawang Kamboja, giliran Pratama Arhan yang menyediakan servis lewat sepak pojok.

Jumlah gol sundulan milik pasukan Garuda asuhan Shin Tae-yong saat ini mengungguli semifinalis Piala AFF 2020 lain semodel Vietnam (2 gol sundulan) dan Thailand (0).

Soal memproduksi gol tandukan, Indonesia setara dengan Singapura yang juga sudah tiga kali menggetarkan jala lawan via ayunan kepala.

Kemampuan mencetak gol lewat sundulan dalam skema sepak pojok tentu menjadi modal bagus Indonesia dalam menyongsong partai semifinal Piala AFF 2020.

Skuad Garuda lolos ke semifinal sebagai juara Grup B Piala AFF 2020. Indonesia (10 poin) ada di atas Vietnam (10), Malaysia (6), Kamboja (3), dan Laos (0).

Babak semifinal Piala AFF 2020 akan digelar dengan sistem dua leg. Indonesia dijadwalkan menghadapi tuan rumah Singapura pada 22 dan 25 Desember.

Laga Indonesia vs Singapura menarik dinantikan, guna membuktikan siapa penguasa udara sejati di Piala AFF 2020.

https://bola.kompas.com/read/2021/12/20/06204638/indonesia-vs-malaysia-elkan-baggott-jebol-harimau-malaya-bukti-garuda-sang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke