Salin Artikel

Prediksi Indonesia Vs Vietnam dari 4 Pengamat Tanah Air, Garuda Bisa Bikin Kejutan!

KOMPAS.com - Timnas Indonesia akan melakoni duel berat pertamanya pada laga Grup B Piala AFF 2020. Garuda bakal menghadapi kekuatan juara bertahan turnamen negara-negara Asia Tenggara tersebut, Vietnam, pada Rabu (15/12/2021).

Pertandingan Indonesia vs Vietnam masih bakal bergulir di Stadion Bishan, venue dua laga Garuda sebelumnya, kontra Kamboja dan Laos.

Timnas Indonesia menorehkan hasil positif dengan mencatatkan kemenangan 4-2 atas Kamboja dan kemudian pesta gol 5-1 melawan Laos.

Vietnam sendiri mengawali perjalanan di Grup B AFF Suzuki Cup ini dengan kemenangan 2-0 lawan Laos dan pesta gol 3-0 lawan Malaysia.

Indonesia menelan kekalahan dalam dua laga terakhir kontra Vietnam, yakni di ajang Kualifikasi Piala Dunia dengan dskor mencolok 0-4 dan 1-3.

Lantas, bagaimana kans Garuda pada laga yang akan bergulir pukul 19.30 WIB nanti?

Berikut adalah prediksi Indonesia vs Vietnam dari empat pengamat sepak bola papan atas Tanah Air.

Weshley Hutagalung, Pengamat Sepak Bola Senior

Indonesia vs Vietnam 2-1

Kasus Elkan Baggott tak boleh menguasai benak pada pemain Indonesia. Fokus dan fokus di lapangan, dan perbaiki komunikasi.

Lupakan juga catatan pertemuan di Kualifikasi Piala Dunia yang membuat kita tak berdaya di hadapan Vietnam ketika kalah 1-3 dan 0-4.

Setelah kebobolan dua gol melawan Kamboja dan satu dari Laos, perhatian kita wajib tertuju pada konsentrasi para pemain Indonesia. Melawan tim yang kualitasnya di bawah, kita membuktikan bahwa kelengahan sedikit dari pemain Indonesia langsung dihukum lawan.

Bagaimana bila yang menghukum itu Vietnam? Apakah kita akan mampu mencetak banyak gol untuk menebus sejumlah gol yang bersarang ke gawang Indonesia akibat kecerobohan?

Memperbaiki aspek komunikasi akan membantu meningkatkan organisasi pertahanan timnas.

Semoga kita mendapatkan kemenangan di laga ketiga ini sehingga lebih tenang dalam meladeni rival bebuyutan di laga ke-4 Grup B, yakni Malaysia.

Tio Nugroho, Host dan Pengamat Sepak Bola

Indonesia vs Vietnam 1-0

Ini pertemuan ke-10 di ajang Piala AFF di mana Indonesia sebelumnya telah menang tiga kali, lima kali seri, dan satu kali kalah. Namun, hasil-hasil itu tak bisa dijadikan acuan. 

Itu sebelum era Park Hang-seo. Setelah itu, kita dua kali bertemu di Kualifikasi Piala Dunia dan kesulitan.

Ini adalah PR bagi pelatih Shin Tae-yong. Masalah Elkan menurut saya akan jadi trigger di mana para pemain kita akan tampil lebih garang dari biasanya.

Menurut saya, STY punya opsi lain. Timnas bukan hanya Elkan Bagott. Masih ada pemain-pemain lain seperti Alfeandra Dewangga, Fachrudin Aryanto, atau Rizki Ridho yang tampil bagus.

Ini sebuah laga bukan hanya antara dua tim bebuyutan tetapi juga kisah Park yang pernah berjuang bersama Guus Hiddink di Piala Dunia 2002 dan juga seorang STY yang pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018.

Jadi, saya rasa laga akan ketat bukan hanya taktik dan strategi dalam lapangan tetapi juga gengsi dua pelatih Korea selatan.

Menurut saya, kasus Elkan yang akan membakar semangat. Justru dalam kondisi ini Indonesia akan bisa menang melawan Vietnam meski tipis!

Vietnam bisa dikalahkan, mereka bukan tim super, sepak bola adalah harapan, dan soal mencari ruang di pertahanan lawan.

Gita Suwondo, Pengamat Sepak Bola Senior

Indonesia vs Vietnam 1-3

Tanpa Elkann Baggott di belakang akan sulit bagi timnas asuhan STY untuk bisa mengatasi gedoran lini depan Vietnam.

Satu sisi yang cukup meykinkan adalah lini tengah dan depan walaupun ujiannya baru dua laga kecil di grup.

Namun, dengan kemungkinan andalan set piece kita, mencuri satu gol bisa jadi solusi untuk modal unggol perbedaan gol dari Malaysia pada laga akhir hari Minggu nanti.

Dwi Widijatmiko, Asisten Redaktur Pelaksana BolaSport.com

Indonesia vs Vietnam 0-2

Vietnam adalah tim terkuat di Grup B Piala AFF. Organisasi permainan mereka sudah sangat rapi. Kita harus ingat ini adalah tim yang levelnya sudah bermain melawan tim-tim elite Asia seperti Jepang, Arab Saudi, Australia.

Indonesia masih belum mulus dalam aliran permainan yang tampak dalam dua pertandingan pertama. Kondisi ini bisa menyulitkan Indonesia, apalagi jika tidak ada Elkan Baggott yang sebetulnya diharapkan menambah kekuatan di lini belakang.

Sulit melihat Indonesia mendapatkan sesuatu dari laga ini dengan hasil seri mungkin sudah maksimal. Tampaknya Indonesia memang akan menjalani laga hidup mati nanti di pertandingan terakhir melawan Malaysia.

https://bola.kompas.com/read/2021/12/15/14125048/prediksi-indonesia-vs-vietnam-dari-4-pengamat-tanah-air-garuda-bisa-bikin

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.