Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Piala AFF: Shin Tae-yong Tak Enak Hati Saat Sebut Laos Tim Terlemah, tetapi...

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak terlalu melihat Laos sebagai ancaman dalam persaingan Grup B Piala AFF 2020.

Bahkan, Shin Tae-yong menganggap Laos sebagai tim terlemah di Grup B karena selalu menelan kekalahan dan sudah kebobolan enam gol dari dua pertandingan.

Shin Tae-yong mengaku tak enak hati saat mengatakan hal tersebut, tetapi hasil buruk yang telah diderita Laos cukup membuktikan penilaiannya. 

Timnas Laos telah memainkan dua laga pada fase grup Piala AFF 2020, yakni melawan Vietnam (6/12) dan Malaysia (9/12).

Hasilnya, Laos selalu menelan kekalahan dan sudah kebobolan enam gol dalam kedua pertandingan tersebut.

Laos kini terdampar di dasar klasemen Grup B karena kalah selisih gol dari Kamboja yang juga telah menelan dua kekalahan.

"Kalau boleh jujur, Laos itu tim terlemah di grup kami. Saya merasa sedikit tidak enak dengan berkata seperti itu, tapi memang tim Laos lah yang paling banyak kemasukan gol di grup kami," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers, Sabtu (11/12/2021) siang WIB yang turut dihadiri secara virtual oleh Kompas.com.

"Secara kemampuan pemain juga kurang baik. Pada pertandingan pertama, mereka melawan Vietnam sehingga turun ke bawah untuk bertahan," ujar Shin Tae-yong.

"Mereka mungkin merasa gagal dengan cara itu sehingga lebih menyerang pada laga kedua melawan Malaysia."

"Namun, dengan begitu, mereka malah kemasukan lebih banyak gol," ucap Shin Tae-yong soal pendekatan timnas Laos yang selalu berubah pada dua laga kontra Vietnam dan Malaysia.

Meski telah melihat kelemahan Laos, Shin Tae-yong tetap meminta para pemain timnas Indonesia untuk tetap fokus ketika bersua negara peringkat ke-185 dalam ranking FIFA tersebut.

Shin Tae-yong tetap menuntut kerja keras dari Evan Dimas dkk demi memetik hasil maksimal pada laga kontra Laos.

Adapun laga timnas Indonesia vs Laos dalam lanjutan fase grup Piala AFF 2020 dijadwalkan berlangsung di Stadion Bishan, Singapura, pada Minggu (12/12/2021) sore WIB.

"Kami akan berusaha memetik kemenangan atas Laos, tetap fokus pada pertandingan agar para pemain lebih bisa bekerja keras," ujar Shin Tae-yong.

Soal laga melawan Laos, Shin Tae-yong tidak punya rencana untuk mengubah filosofi permainan.

Shin Tae-yong hanya memastikan bahwa dirinya akan menuntut skuad Garuda untuk memanfaatkan setiap peluang yang lahir.

"Tidak akan ada perubahan untuk filosofi permainan. Saya akan meminta para pemain depan untuk meningkatkan jiwa haus gol," ucap Shin Tae-yong.

"Meski sudah mencetak satu atau dua gol, mereka tetap harus haus akan gol. Jadi, kalau dapat peluang yang baik, harus bisa mencetak gol."

"Ini turnamen, dan bisa saja ada hitung-hitungan selisih gol (untuk lolos ke babak selanjutnya). Saya akan meminta para pemain untuk mencetak banyak gol," tutur pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Kemenangan atas Laos menjadi penting bagi timnas Indonesia. Sebab, mereka akan bersua lawan tangguh, yakni Vietnam dan Malaysia, pada dua laga terakhir fase grup.

Saat ini, timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen Grup B berkat torehan tiga poin dari satu pertandingan.

Skuad Garuda mengamankan tiga poin saat bersua Kamboja pada laga perdana fase grup, Kamis (9/12/2021).

Mereka tertinggal tiga poin dari Malaysia yang berada di puncak klasemen dengan koleksi enam poin dari dua laga.

Pada saat bersamaan, timnas Indonesia unggul produktivitas gol atas Vietnam yang juga telah mengamankan tiga poin dan kini berada di peringkat ketiga klasemen Grup B Piala AFF 2020.

https://bola.kompas.com/read/2021/12/11/14100088/piala-aff--shin-tae-yong-tak-enak-hati-saat-sebut-laos-tim-terlemah-tetapi-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke