Salin Artikel

Persipura Vs Bhayangkara FC : 3 Poin Krusial yang Menentukan Pertandingan

MAGELANG, KOMPAS.com - Pekan 15 Liga 1 2021-2022, Bhayangkara FC akan menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Moach Soebroto Magelang, Kamis (2/12/2021) sore.

Laga tersebut akan terasa seperti laga final bagi Bhayangkara FC.

Kemenangan menjadi harga mati bagi Paul Munster dan pemain karena jarak poin mereka sudah dipangkas banyak imbas hasil kurang memuaskan beberapa laga terakhir.

Saat ini antara peringkat satu sampai empat hanya berjarak dua poin saja

“Seperti yang saya perkirakan karena ada banyak tim yang bagus di liga persaingan pun menjadi sangat ketat. Dan juga seperti perkiraan saya tim-tim yang bakal melaju jauh pun sekarang sudah menunjukan kualitas mereka,” ujar pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster.

“Saya tekankan selalu Liga ini bukan seperti sprint tapi seperti kompetisi marathon,” imbuhnya.

Motivasi Persipura untuk menang juga tidak kalah besar. Tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut membutuhkan banyak poin untuk keluar dari zona merah.

Karena itu, pertandingan ini diprediksi berlangsung sangat sengit dan menarik. Tapi ada 3 poin krusial yang bakal menjadi penentu pertemuan keduanya. 

Strategi Paul Munster Monoton

Jika diperhatikan kembali sejak pekan pertama Bhayangkara FC selalu setia dengan formasi 4-3-3. Pola penyerangan bertumpu pada satu penyerang utama yang disuplai dua pemain dari flank.

Sementara sektor gelandang akan disesuaikan sesuai dengan lawan.

Saat menghadapi lawan yang banyak bertahan biasa akan memainkan dua gelandang penyerang dan satu bertahan.

Sementara untuk lawan yang menyerang biasa digunakan satu gelandang serang, tengah dan bertahan. Terkadang bahkan dua gelandang bertahan diturunkan sekaligus.

Skema main tersebut sukses membuat Bhayangkara FC mendominasi puncak klasemen sementara sejak pekan ke-5. Namun pada seri ke-3 ini The Guardian butuh sesuatu yang lebih segar.

Tiga laga tanpa kemenangan menjadi indikasi kuat masalah ini. Apalagi rentetan hasil kurang maksimal itu terjadi setelah Persita Tangerang mampu memecahkan rumitnya skema permainan mereka.

Namun Paul Munster menegaskan timnya sudah mencari cara untuk mengatasi hal ini.

“Apa yang kurang dalam 3 pertandingan itu sudah kita coba perbaiki lagi dan semoga saja di pertandingan nanti bisa menunjukkan yang lebih baik lagi,” ucapnya.

Krisis Mencetak Gol dan Absennya Sang Penyerang Andalan

Fakta yang jarang disadari oleh banyak orang adalah tingkat produktivitas gol Bhayangkara FC ternyata paling sedikit jika dibandingkan dengan tim penghuni lima besar lainnya.

Bhayangkara FC saat ini hanya mengoleksi 18 gol, sementara Arema FC, Persib Bandung, Bali United dan Persebaya Surabaya sudah mengoleksi 22-24 gol.

Jika dilihat kembali kemerosotan ini terjadi setelah penyerang andalan mereka Ezechiel N'douassel harus absen karena mendapatkan kartu merah plus tambahan sanksi main dari Komdis.

Penyerang asal Chad tersebut absen saat laga melawan PSS Sleman dan PSIS Semarang. Hasilnya tidak ada gol yang tercipta untuk Bhayangkara FC.

Kini Bhayangkara FC akan dihadapkan dengan tantangan yang sama saat melawan Persipura Jayapura. Bahkan tantangannya lebih berat, sebab bukan Ezechiel saja yang absen namun gelandang Lee Yu-Jun dan fullback senior Ruben Sanadi juga dipastikan absen lawan Persipura Jayapura.

Mutiara Hitam yang Mulai Mendapatkan Ritme

Jika Bhayangkara FC sedang dalam kondisi menurun, Persipura Jayapura justru sebaliknya. Dibawah kepemimpinan pelatih baru Angel Alfredo Vera, Mutiara Hitam perlahan menunjukan peningkatan performa.

Ditangani pelatih asal Argentina itu Persipura Jayapura berhasil memetik satu kemenangan dan satu hasil seri. Hasil yang tidak seberapa namun sangat berarti bagi Persipura Jayapura yang sempat mengalami enam kekalahan beruntun.

Selain itu kehadiran Alfredo Vera juga menjadi pembeda, sebab Persipura Jayapura bermain dengan skema permainan yang baru dan lebih segar.

Kebangkitan Persipura Jayapura sudah mendapatkan perhatian oleh Bhayangkara FC.

“Dipertandingan sebelumnya mereka berhasil mendapatkan hasil yang bagus. Jadi ini akan menjadi pertandingan yang sulit,” pungkasnya.

https://bola.kompas.com/read/2021/12/02/14400088/persipura-vs-bhayangkara-fc---3-poin-krusial-yang-menentukan-pertandingan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.