Salin Artikel

Hasil AC Milan Vs FC Porto, I Rossoneri Petik Poin Perdana Berkat Gol Bunuh Diri

KOMPAS.COM - AC Milan bermain imbang 1-1 dengan FC Porto pada pertandingan lanjutan Grup B Liga Champions. 

Laga AC Milan vs FC Porto ini digelar di Stadion San Siro, Rabu (3/11/2021) atau Kamis dini hari WIB.  

Hasil ini menjadi poin perdana bagi Milan. Sebelumnya, I Rossoneri menelan tiga kekalahan beruntun. 

Namun, nasib Milan di Liga Champions harus bergantung pada hasil laga lain yang mempertemukan Atletico Madrid vs Liverpool. Milan dipastikan tersingkir bila Atletico mengalahkan Liverpool. 

Milan yang mengincar kemenangan pada laga perdana, malah kebobolan lebih dulu. Pertahanan Milan terlihat sangat keropos. 

Apalagi, sang tuan rumah kebobolan saat laga baru berjalan enam menit. 

Gol bermula dari kegigihan Grujic mencuri bola dari kaki Ismael Bennacer. Setelah mendapatkan bola, Grujic berhasil merangsek ke dalam kotak penalti lawan dan berhasil mengecoh beberapa pemain Milan. 

Tidak mendapatkan ruang tembak terbuka, Grujic menyodorkan bola ke Luis Diaz. Tanpa kesulitan, Diaz berhasil menyarangkan bola. 

Setelah gol tersebut, Milan tampak kesulitan keluar dari tekanan. Bahkan, gawang Milan nyaris kebobolan dari sepak pojok pada menit ke-25. 

Dari sisi kanan, Oliveira mengeksekusi tendangan sudut. Grujic yang dalam posisi tidak terkawal berhasil menyundul bola. 

Bola memantul tanah dan mengarah ke gawang Milan. Beruntung kiper Tatarusanu berhasil menepis bola.  

Di balik tekanan Porto, Milan sesekali melancarkan serangan balik ketika menguasai bola. 

Namun, serangan Sandro Tonali dan kawan-kawan terlalu gampang dibaca sehingga mudah dipatahkan. 

Peluang terbaik Milan terjadi pada menit ke-32. Saat itu, Olivier Giroud yang berdiri di depan kotak penalti lawan, berhasil melepaskan tendangan keras. 

Bola hasil sepakan keras kaki kirinya tersebut mengarah ke sisi kanan gawang Porto. 

Namun, peluang emas tersebut belum bisa berujung gol karena Diogo Costa berhasil menepis bola.    

Ancaman tersebut meningkatkan kepercayaan diri Milan. Pasukan Stefano Pioli tersebut tampak mulai menguasai bola. 

I Rossoneri lebih rapi dalam membangun serangan ketimbang di menit-menit awal. Di sisi lain, mereka juga kerap kerepotan saat lawan melancarkan serangan. 

Pada menit ke-45, Milan nyaris mencetak gol balasan saat melancarkan serangan balik. Namun, tembakan Alexis Saelemaekers memanfaatkan umpan Rafael Leao masih melambung. 

Peluang tersebut menjadi kesempatan terakhir pada babak pertama. Alhasil, Milan harus menutup babak pertama dengan skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu.    

Selepas jeda, FC Porto tampil lebih menyengat. Dalam 15 menit pertama babak kedua, Tatarusanu terlihat jatuh bangun untuk mengamankan gawangnya. 

Bahkan pada menit ke-56, gawang Milan nyaris kebobolan jika bola hasil tandukan Evanilson tidak membentur mistar.  

Secara mengejutkan, Milan mampu mencetak gol balasan pada menit ke-60. 

Pemain Porto FC, Mbemba Mangulu melakukan gol bunuh diri saat salah mengantisipasi bola hasil umpan Pierre Kalulu yang dilepaskannya dari dekat tiang gawang lawan. 

Pelatih Milan, Stefano Pioli, melakukan perubahan pada menit ke-69. Dia memasukkan dua pemain baru yakni, Rade Krunic dan Franck Kessie. 

Kedua pemain tersebut menggantikan Brahim Diaz dan Tonali, 

Zlatan Ibrahimovic pun dimainkan untuk menggantikan Giroud pada ment ke-76. 

Tujuh menit kemudian, Ibra mampu mencetak gol. Namun, gol tersebut dianulir karena Ibra dianggap sudah berada di dalam posisi offside sebelum melepaskan tembakan.   

Itu menjadi peluang terbaik. Alhasil, Milan dipaksa bermain imbang 1-1 hingga laga usai. 

Susunan Pemain

AC Milan (4-2-3-1): 1-Ciprian Tatarusanu; 2-Davide Calabria (Pierre Kalulu 46'), 23-Fikayo Tomori, 13-Alessio Romagnoli, 19-Theo Hernandez; 4-Ismael Bennacer, 8-Sandro Tonali; 56-Alexis Saelemaekers, 10-Brahim Diaz, 17-Rafael Leao; 9-Olivier Giroud

Pelatih: Stefano Pioli

FC Porto (4-4-2): 99-Diogo Costa; 23-Joao Mario, 3-Pepe, 19-Chancel Mbemba, 12-Zaidu Sanusi; 7-Luis Diaz 8-Mateus Uribe, 27-Sergio Oliveira, 25-Otavio; 30-Evanilson, 9-Mehdi Taremi

Pelatih: Sergio Conceicao

https://bola.kompas.com/read/2021/11/04/02452868/hasil-ac-milan-vs-fc-porto-i-rossoneri-petik-poin-perdana-berkat-gol-bunuh-diri

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.