Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jersey Messi dan Mahakarya Sastra Perancis Jadi Kado untuk Paus Fransiskus

KOMPAS.com - Jersey PSG Lionel Messi bernomor 30 dan mahakarya sastra Perancis, Notre dame de Paris, menjadi kado spesial untuk Paus Fransiskus.

Pemimpin gereja Katolik sedunia, Paus Fransiskus, mendapatkan kado yang tak biasa pada Senin 18 Oktober 2021 di Vatikan, ketika menerima kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Perancis, Jean Castex.

Sebuah jersey PSG berbingkai kaca dibawa oleh Jean Castex sebagai kado untuk Paus Fransiskus.

Jersey PSG tersebut bernomor punggung 30 dan memuat nama Lionel Messi, disertai bubuhan tanda tangan asli sang penyerang Argentina beralias La Pulga.

Selain jersey Messi, Jean Castex juga memberikan Paus Fransiskus mahakarya sastra Perancis karya Victor Hugo “Notre Dame de Paris”.

Jean Castex memberikan edisi klasik terbitan tahun 1836 dari novel yang berkisah tentang kisah cinta Esmeralda dan Si Bungkuk pemukul lonceng Notre Dame itu.

Tak aneh jika Jean Castex menjadikan jersey Messi sebagai kado istimewa bersama novel klasik "Notre Dame de Paris".

Dalam beberapa kesempatan, Paus Fransiskus mendeklarasikan diri sebagai fans klub asal Buenos Aires, San Lorenzo.

Paus Fransiskus juga pernah bertatap muka langsung dengan Messi. Paus Fransiskus meyakini bahwa Messi merupakan pesepak bola terbaik yang pernah terlahir ke dunia.

“Bagi saya, Messi lebih bagus dari Maradona dan Pele,” kata Paus Fransiskus kepada seorang suporter belia dalam acara World Youth Day pada 2016.

Kendati demikian, dalam kesempatan berbeda Paus Fransiskus tak sependapat dengan orang yang menyebut Messi sebagai Tuhan.

“Itu adalah ekspresi yang digunakan orang. Ini adalah Tuhan dengan bola di lapangan. Sebuah cara populer orang untuk berekspresi.”

“Tentu, itu menyenangkan (melihat Messi bermain). Namun, dia bukan Tuhan,” tutur Paus Fransiskus seperti dilansir dari Goal International pada 2019.

https://bola.kompas.com/read/2021/10/19/08300018/jersey-messi-dan-mahakarya-sastra-perancis-jadi-kado-untuk-paus-fransiskus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke