Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bek Persija Uchida Sudirman Raih Medali Emas Cabor Muaythai di PON Papua 2021

KOMPAS.com - Bek muda Persija Jakarta, Uchida Sudirman, meraih prestasi di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Menariknya, keberhasilan Uchida Sudirman di PON Papua 2021 bukan dari cabang olahraga (cabor) sepak bola, melainkan muaythai.

Uchida Sudirman meraih medali emas di kelas Waikru Putra setelah mengalahkan wakil Papua, Yull Alija, yang mendapatkan medali perak. 

Sementara, medali perunggu diraih oleh Abdul Rozak (Kalimantan Timur) dan Aldento Brillian Bara (Jawa Timur). 

Uchida juga membawa pulang medali perunggu di kelas 73 kg putra. Dia berbagi podium ketiga dengan wakil Sumatera Utara, Surya Kevin Rajagukguk.

Adapun medali emas di kelas 73 kg putra menjadi milik Adetia Armadani (Jawa Tengah), sedangkan perak diraih oleh Devan Febra Anantha (Kalimantan Timur).

"Terima kasih kepada semua pihak yang selalu membantu saya. Terima kasih kepada manajemen Persija yang memberikan kelonggaran kepada saya untuk bisa berkarier di dua cabang olahraga," kata Uchida Sudirman dalam rilis yang diterima Kompas.com.

"Alhamdulillah saya bisa balas dengan prestasi. Mungkin bukan yang terbaik, tetapi saya sudah berusaha maksimal," tutur atlet berusia 18 tahun ini. 

Ini bukan kali pertama Uchida Sudirman meraih medali di cabor muaythai. Uchida juga berhasil meraih medali perunggu kelas Waikru Putra pada SEA Games 2019.

Meski berprestasi di muaythai, Uchida Sudirman memastikan tidak akan meninggalkan sepak bola.

Apalagi, kini dirinya sudah sudah menjadi bagian dari 34 pemain Persija untuk mengarungi Liga 1 2021-2022.

"Pastinya dengan saya bergabung di skuad utama Persija bisa menentukan ke mana saya akan berkarier," kata Uchida Sudirman.

"Mungkin 3-5 tahun ke depan saya akan lebih fokus untuk menggapai tujuan di sepak bola. Ada Piala Dunia U20 2023, saya ingin menjadi bagian itu," tutur pemain jebolan timnas U16 tersebut.

Setelah PON Papua 2021, Uchida Sudirman akan segera bergabung dengan Persija Jakarta untuk menuju seri kedua Liga 1 2021-2022.

"Saya menunggu instruksi dari manajemen terkait jadwal latihan. Yang pasti saya sudah siap setelah PON ini," tutur Uchida Sudirman.

https://bola.kompas.com/read/2021/10/04/22400008/bek-persija-uchida-sudirman-raih-medali-emas-cabor-muaythai-di-pon-papua-2021

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke