Salin Artikel

Petinggi Juventus Bongkar Drama Transfer Ronaldo ke Man United

KOMPAS.com - Direktur Olahraga Juventus, Federico Cherubini, buka suara soal drama transfer Cristiano Ronaldo ke Manchester United.

Kepulangan Cristiano Ronaldo dari Juventus ke Manchester United menjadi salah satu transfer yang mengejutkan banyak pihak awal musim ini.

Bagaimana tidak, pihak Juventus sudah berkali-kali menyatakan bahwa Cristiano Ronaldo akan bertahan meskipun kontraknya tersisa satu tahun lagi.

Tidak hanya itu, Ronaldo juga tidak pernah dikaitkan dengan Man United pada bursa trasnsfer musim panas lalu.

CR7, julukan Ronaldo, sebenarnya lebih sering dikaitkan merapat dengan Real Madrid, Paris Saint-Germain, dan juga rival Man United, Manchester City.

Persentase Ronaldo membelot ke Man City semakin besar setelah CR7 dikabarkan sudah berkomunikasi dengan Pep Guardiola untuk membicarakan posisi bermainnya.

Rumor itu kemudian perlahan meredup setelah pelatih Man United, Ole Gunnar Solskjaer, turut mengomentari masa depan Ronaldo pada 28 Agustus 2021 sekitar pukul 20.00 WIB.

Solskjaer saat itu secara terbuka menyatakan tidak suka jika Ronaldo yang merupakan legenda Man United bermain dengan seragam Man City.

Pelatih asal Norwegia itu juga menyatakan akan menyambut Ronaldo jika sang megabintang ingin kembali ke Old Trafford.

Peryataan Solskjaer itulah yang membuat Man United untuk pertama kalinya dikaitkan dengan Ronaldo pada bursa transfer musim panas lalu.

Beberapa menit setelah Solskjaer buka suara, BBC Sports mengklaim Man City sudah memutuskan mundur dari perburuan Ronaldo.

Sekitar dua jam berselang, publik dunia dikejutkan ketika Man United secara resmi mengumumkan keberhasilan mendatangkan Ronaldo dari Juventus.

Mengenang drama transfer tersebut, Federico Cherubini menyebut Juventus sebenarnya ingin mempertahankan Ronaldo musim ini.

Namun, Juventus tidak bisa mewujudkan ambisi itu karena Ronaldo sudah menyatakan menolak bertahan dan ingin hengkang.

Federico Cherubini juga mengakui Juventus sempat membuka negosiasi dengan Man City.

Negosiasi itu pada akhirnya terputus setelah Man City menolak mengeluarkan uang transfer untuk mendatangkan Ronaldo.

Fakta itu membuat Federico Cherubini memuji langkah cepat Man United untuk memulangkan Ronaldo.

"Tidak ada kondisi yang tepat untuk melanjutkan negosiasi dengan Man City. Di sisi lain, Man United berperilaku berbeda," kata Cherubini dikutip dari situs Goal.

"Man United bersikap seperti tim yang memiliki tradisi," ujar Cherubini menambahkan.

"Kami sudah tidak mungkin mempertahankan Ronaldo. Kami tidak bisa memaksa pemain yang sudah ingin hengkang untuk bertahan," tutur Cherubini.

"Kami menghormati keputusan Ronaldo. Pandangan saya terkait transfer Ronaldo sama seperti Presiden Juventus (Andrea Agnelli)," ujar Cherubini.

"Sejarah Juventus memang dibuat oleh para pemain dan pelatih hebat. Namun, tim menjadi hal yang paling penting di atas segalanya," tutur Cherubini menambahkan.

Dikutip dari situs BBC Sport, biaya transfer Ronaldo dari Juventus ke Man United mencapai 15 juta euro atau sekitar Rp 250 miliar.

Juventus melalui situs resminya menyebut biaya transfer tersebut akan dicicil Man United selama periode lima tahun ke depan.

Kedua tim juga telah menyepakati klausul bonus sebesar 8 juta euro yang disesuaikan dengan performa Ronaldo di Man United.Dikutip

Adapun kontrak Ronaldo di Man United berdurasi dua tahun sampai Juni 2023 dengan opsi perpanjangan satu musim.

Pengabdian kedua Ronaldo di Man United dipastikan akan dimulai akhir pekan ini.

Momen comeback Ronaldo akan terjadi pada laga Man United vs Newcastle United.

Duel Man United vs Newcastle merupakan laga pekan keempat kasta teratas Liga Inggris, Premier League, yang akan dihelat di Stadion Old Trafford, Sabtu (11/9/2021).

https://bola.kompas.com/read/2021/09/11/10000008/petinggi-juventus-bongkar-drama-transfer-ronaldo-ke-man-united

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.