Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Wenger Saat Ditanya Peluang "Comeback" Bersama Arsenal: Saya Sudah 71 Tahun...

KOMPAS.com - Pelatih legendaris asal Perancis, Arsene Wenger, memastikan dirinya tidak akan kembali ke Arsenal apabila The Gunners sampai membutuhkan jasanya sekali pun.

Hal itu diungkapkan oleh Wenger ketika mendapat pertanyaan soal peluang dirinya kembali melatih untuk menyelamatkan Arsenal yang kini sedang terpuruk.

The Gunners, julukan Arsenal, saat ini terdampar di dasar klasemen sementara Liga Inggris setelah menelan tiga kekalahan beruntun.

Statistik Arsenal asuhan Mikel Arteta semakin terlihat buruk karena mereka tidak mampu mencetak gol dan sudah kebobolan sembilan kali pada periode tersebut.

Terkini, Arsenal asuhan Mikel Arteta kalah telak 0-5 dari Manchester City pada laga pekan ketiga Liga Inggris, Sabtu (28/8/2021).

Dikutip dari situs Opta, Arsenal kini menjadi tim kedua dalam sejarah Premier League yang menelan kekalahan beruntun pada tiga laga pertama setelah Wolverhampton Wanderers pada 2003-2004.

Arsenal tentu harus waspada karena Wolves terdegradasi ke Divisi Championship dengan status juru kunci Premier League musim tersebut.

Secara keseluruhan, ini kali pertama dalam sejarah Arsenal menelan tiga kekalahan beruntun pada awal musim Liga Inggris sejak 1954-1955.

Rentetan hasil buruk Arsenal di Liga Inggris musim ini membuat Mikel Arteta tersudut.

Mikel Arteta semakin terdesak karena Arsenal sudah menghabiskan 156,8 juta pounds atau lebih dari Rp 3 triliun untuk belanja enam pemain musim ini.

Angka tersebut membuat Arsenal berstatus tim terboros Premier League pada bursa transfer musim panas kali ini.

Arsenal menggungguli Manchester United yang mengeluarkan total 133,7 pounds untuk mendatangkan tiga pemain.

Dikutip dari situs The Telegraph, manajemen Arsenal dikabarkan akan mengevaluasi kinerja Mikel Arteta pada awal Oktober 2021.

Jika performa Arsena tak kunjung membaik setelah jeda internasional, Mikel Arteta diprediksi akan langsung ditunjukkan pintu keluar.

Melihat performa buruk Arsenal awal musim ini, Arsene Wenger mengaku tidak terlalu khawatir.

Wenger menilai skuad Arsenal sekarang sebenarnya sudah cukup mumpuni untuk bersaing.

Hal itu menjadi salah satu faktor yang membuat Wenger akan menolak tawaran Arsenal jika diminta untuk kembali.

"Saya sudah berusia 71 tahun sekarang. Saya sudah memberikan tahun-tahun terbaik saya untuk Arsenal," kata Wenger dikutip dari situs Goal.

"Sekarang, kondisi Arsenal sudah cukup baik. Saya tahu mereka mengalami momen sulit awal musim ini. Namun, Arsenal memiliki potensi dan saya berharap mereka segera kembali ke jalur persaingan," ucap Wenger.

"Saat ini, saya hanyalah seorang penggemar Arsenal," tutur Wenger menambahkan.

Arsene Wenger merupakan mantan pelatih yang pernah mengabdi untuk Arsenal selama lebih dari 20 tahun pada periode 1996-2018.

Bersama Wenger, Arsenal sukses meraih total 17 trofi domestik termasuk di antaranya tiga gelar juara Liga Inggris.

Momen terbaik Arsenal bersama Wenger adalah ketika mereka berhasil menjadi juara Liga Inggris musim 2003-2004 dengan rekor tak terkalahkan.

Rekor tersebut membuat Arsenal kini menjadi satu-satunya tim Inggris yang memiliki trofi emas Premier League.

Setelah ditinggal Wenger, Arsenal kesulitan tampil konsisten di bawah asuhan Unai Emery, Freddie Ljungberg (interim), dan kini Mikel Arteta.

Arteta sebenarnya sudah berhasil mengantar Arsenal meraih dua trofi, yakni Piala FA (2019-2020) dan Community Shield (2021).

Namun, Arteta masih belum mampu membawa Arsenal tampil konsisten terutama di Liga Inggris.

Dari total 61 pertandingan Liga Inggris, Arsenal asuhan Arteta hanya mampu meraih 27 kemenangan, 13 hasil imbang, dan menelan 21 kekalahan.

https://bola.kompas.com/read/2021/09/04/14000068/kata-wenger-saat-ditanya-peluang-comeback-bersama-arsenal--saya-sudah-71-tahun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke