Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Ricardo Salampessy Lewati Tanpa Kompetisi di Masa Pandemi

BATU, KOMPAS.com - Pemain senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy, bisa tersenyum lebar. Liga 1 akhirnya selangkah lagi menapaki musim baru 2021-2022.

Kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia ini dijadwalkan akan bergulir kembali pada 27 Agustus 2021 yang akan datang. Ini menjadi akhir penantian bagi Ricardo Salampessy dan seluruh insan sepak bola nasional.

Pandemi dan penghentian kompetisi menyuguhkan tantangan yang tidak biasa baginya. Beberapa kali tim harus diliburkan hingga dibubarkan dalam waktu yang sangat panjang karena dampak eksternal dan internal yang dialami Persipura Jayapura selama pandemi.

Namun pemain berposisi bek ini punya banyak cara menghabiskan waktu. Selain menjalankan hobi, tugasnya sebagai anggota PNS Dispora Jayapura membuatnya tetap sibuk selama masa tunggu bergulirnya kompetisi.

"Saat pandemi selain menghabiskan waktu bersama keluarga, melatih dan bertani hidroponik. Selain itu saya juga ngantor," ujar pemain berusia 37 tahun itu kepada Kompas.com, Minggu (22/8/2021).

Urusan menjaga kondisi tubuh dan fisik menjadi tantangan terbesar Ricardo Salampessy. Selama pandemi, dia kesulitan menjaga kondisi fisiknya tetap di atas karena perubahan rutinitas.

Latihan bersama tim yang biasa dilakukan langsung dilapangan digantikan dengan latihan virtual secara mandiri, sedangkan banyak hal dan aspek yang ada di latihan tim tidak bisa dicapai dengan latihan secara virtual.

"Yang jelas kondisi fisik menurun karena tidak ada aktivitas latihan rutin," katanya.

Kesulitan tersebut membuat Ricardo Salampessy kreatif. Sadar tak bisa bergantung pada program latihan virtual, dia pun memutuskan untuk mengambil langkah inisiatif sendiri.

"Saya merencanakan latihan sendiri," katanya.

Kini, setelah melewati banyak tantangan dan rintangan, Persipura Jayapura sudah kembali sebagai tim yang utuh. Mulai bulan Maret lalu secara bertahap masalah teknis dalam tim diselesaikan di lapangan latihan.

Ricardo Salampessy menegaskan Persipura Jayapura sudah kembali berdiri menantang menyongsong Liga 1 2021-2022.

"Saat ini kami sudah siap fisik dan mental. Semoga bisa berjalan lancar dan sesuai dengan rencana," kata mantan pemain timnas Indonesia itu.

https://bola.kompas.com/read/2021/08/23/08300078/cerita-ricardo-salampessy-lewati-tanpa-kompetisi-di-masa-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke