Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kronologi Ronaldo Pecah Kesunyian, Sempat Disebut Bakal Pindah ke Man City sampai Madrid

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo akhirnya buka suara setelah terus diberitakan akan hengkang meninggalkan Juventus pada bursa transfer musim panas kali ini.

Rumor masa depan Cristiano Ronaldo memang terus menjadi pemberitaan media-media Eropa dalam sepekan terakhir.

Poros utama dari pemberitaan tersebut adalah kontrak Cristiano Ronaldo di Juventus yang tersisa satu tahun lagi atau akan berakhir pada Juni 2022.

Juventus dikabarkan tidak ingin memperpanjang kontrak Cristiano Ronaldo.

Sebab, Ronaldo saat ini sudah berusia 36 tahun dan Juventus ingin melakukan peremajaan skuad.

Demi menghindari kerugian kehilangan pemain tanpa mendapatkan uang transfer tahun depan, Juventus dikabarkan rela melepas Ronaldo pada musim panas kali ini.

Di sisi lain, Ronaldo juga sempat diberitakan ingin meninggalkan Juventus karena hubungannya dengan Massimiliano Alegri dikabarkan kurang harmonis.

Musim lalu, Massimiliano Allegri pernah membuat pernyataan yang menyinggung kinerja Juventus dan performa Cristiano Ronaldo.

Allegri dengan tegas menyebut salah satu penyebab kegagalan Juventus di Liga Champions musim lalu adalah performa buruk Cristiano Ronaldo.

Pelatih asal Italia itu juga menilai Cristiano Ronaldo adalah penghambat perkembangan skuad Juventus secara keseluruhan.

"Singkirkan Ronaldo, dia menghalangi pertumbuhan tim dan klub," kata Allegri dilansir surat kabar La Repubblica pada 13 April 2021.

Meski pernah melempar kritik keras, Massimiliano Allegri pada akhirnya tetap dipercaya Juventus untuk menggantikan Andrea Pirlo yang dipecat pada akhir musim lalu.

Sebelumnya, Ronaldo dan Allegri sudah pernah bekerja sama di Juventus selama satu musim pada periode 2018-2019.

Ronaldo kala itu tercatat mencetak 28 gol dari total 42 pertandingan bersama Juventus di semua kompetisi.

Itu adalah kali pertama Ronaldo gagal mencetak 30 gol atau lebih dalam satu musim sejak 2008.

Berbagai rumor itulah yang menjad dasar pemberitaan masa depan Ronaldo dalam sepekan terakhir.

Terkini, salah satu media Italia, Corriere dello Sport, melaporkan agen Cristiano Ronaldo, Jorge Mendes, telah menawarkan kliennya ke Manchester City.

Rumor tersebut diikuti kabar keinginan Juventus menukar Ronaldo dengan striker Man City, Gabriel Jesus.

Tidak hanya itu, Corriere dello Sport juga menyebut Juventus sudah mematok harga jual Cristiano Ronaldo, yakni 30 juta euro atau sekitar Rp 507 miliar.

Jika target penjualan itu tercapai, Juventus akan mendapatkan keuntungan lain, yakni berkurangnya beban gaji dari Ronaldo sebesar 30 juta euro per musim.

Tidak lama setelah Corriere dello Sport mengeluarkan laporannya, salah satu media Spanyol, El Chiringuito, juga ikut memberitakan masa depan Cristiano Ronaldo.

El Chiringuito mengklaim Real Madrid saat ini tertarik untuk memulangkan Cristiano Ronaldo ke Stadion Santiago Bernabeu.

Tidak main-main, El Chiringuito juga menyebut pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti, sudah menghubungi agen sampai orang terdekat Ronaldo untuk mewujudkan transfer tersebut.

Laporan El Chiringuito kali ini langsung ramai dibicarakan dan dianggap sangat serius.

Sebab, El Chiringuito adalah media pertama yang melaporkan Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Real Madrid dan pindah ke Juventus pada 2018.

Namun, berbagai rumor di atas kemungkinan besar tidak akan terwujud dalam waktu dekat.

Sebab, Carlo Ancelotti dan Cristiano Ronaldo sudah mengeluarkan pernyataan resmi untuk menjawab rumor-rumor tersebut.

Carlo Ancelotti dengan tegas membantah bahwa dirinya tertarik membawa pulang Cristiano Ronaldo.

"Cristiano Ronaldo adalah legenda Real Madrid. Saya sangat menghormati dan mencintai Cristiano Ronaldo," kata Ancelotti dikutip dari akun Twitter pribadinya.

"Saya tidak pernah berpikir untuk mendatangkan Ronaldo saat ini," tutur Ancelotti menambahkan.

Hal senada juga diungkapkan Cristiano Ronaldo di akun Instagram pribadinya.

Meski tidak secara gamblang menyatakan akan bertahan di Juventus, Ronaldo mengaku sangat kecewa dengan berbagai rumor soal masa depannya.

Hanya, Ronaldo dengan tegas juga menyatakan dirinya tidak akan kembali ke Real Madrid.

Berikut adalah beberapa poin penting dari pernyataan resmi Ronaldo soal masa depannya:

"Cara media meliput dan memberitakan masa depan saya sangat sembrono. Mereka tidak menghormati saya sebagai seorang pria dan pemain.

Media juga tidak menghormati pemain, pelatih, dan staf pelatih semua klub yang terlibat dalam rumor masa depan saya.

Kisah saya di Real Madrid sudah tertulis. Semuanya telah direkam dalam kata, angka, jumlah trofi, rekor, dan berbagai headline media.

Kisah saya di Real Madrid sudah tertulis di museum Stadion Santiago Bernabeu dan juga di benak setiap fans.

Di luar pencapaian saya di Real Madrid, saya ingat bahwa dalam sembilan tahun itu saya memiliki hubungan kasih sayang yang mendalam dengan fans Real Madrid.

Kasih sayang dan rasa hormat itu masih saya pertahankan hingga saat ini. Saya tahu para penggemar Real Madrid sejati akan selalu mengingat saya. Begitu juga dengan saya yang akan selalu mengingat mereka.

Selain pemberitaan di Spanyol, selalu ada rumor yang mengaitkan saya dengan sejumlah klub di berbagai liga. Mereka terlihat tidak khawatir untuk mencoba mencari tahu kebenarnya sesungguhnya.

Saya buka suara karena saya tidak ingin membiarkan orang-orang terus bermain dengan nama saya.

Saya saat ini ingin fokus dengan karier dan perkerjaan saya. Saya berkomitmen dan siap untuk menghadapi semua tantangan yang harus saya hadapi. Selain itu, semua hal tentang saya adalah omong kosong."

https://bola.kompas.com/read/2021/08/18/05542558/kronologi-ronaldo-pecah-kesunyian-sempat-disebut-bakal-pindah-ke-man-city-sampai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke