Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dari Elber hingga Lewandowski, Legenda Bundesliga Sebut Satu Terbaik

KOMPAS.com - Legenda Bundesliga, Claudio Pizarro, menyebut Robert Lewandowski sebagai striker terbaik yang kini beredar di Bundesliga.

Claudio Pizarro layak disemati label legenda Bundesliga seiring karier panjangnya di kompetisi kasta teratas Liga Jerman.

Pria bernama lengkap Claudio Miguel Pizarro Bosio itu datang ke Bundesliga pada 1999 ketika masih berumur 20 tahun. Klub pertamanya di Jerman adalah Werder Bremen.

Karier Pizarro membentang sampai 2020. Ia pensiun dengan status sebagai pemain tersubur keenam sepanjang sejarah Bundesliga via koleksi 197 gol dalam 490 laga.

Selain itu, Pizarro masih tercatat sebagai pencetak gol tertua Bundesliga.

Pria asal Peru tersebut mencatatkan rekor itu pada musim 2018-2019 bersama Werder Bremen ketika dirinya berumur 40 tahun 227 hari.

Pizarro menjadi saksi hidup perkembangan Bundesliga. Bersama Bayern Muenchen, Pizarro pernah satu tim bersama sejumlah striker berkualitas.

Ia membela Bayern dalam dua periode yakni 2001-2007 dan 2012-2015.

Mulai dari Giovane Elber, Roque Santa Cruz, Roy Makaay, Mario Gomez, hingga Robert Lewandowski, semuanya pernah jadi partner Pizarro. Siapa yang terbaik?

“Pertanyaan yang sulit. Saya rasa masing-masing striker memiliki karakter tersendiri. Kami diciptakan untuk bermain sepak bola dan satu hal yang menghubungkan kami semua adalah kami mencetak gol,” kata Pizarro kepada Kompas.com.

Kompas.com berbicara langsung dengan Claudio Pizarro dalam sesi media round table interview Bundesliga yang difasilitasi Mola, Rabu (11/8/2021).

Pizarro lantas mengungkapkan kekagumannya terhadap kualitas Robert Lewandowski, koleganya saat membela Bayern Muenchen pada musim 2014-2015.

“Pada saat ini, saya rasa orang yang paling banyak mencetak gol dalam satu musim Bundesliga adalah Robert Lewandowski.”

“Saya rasa dia menunjukkan bahwa dirinya berkembang dengan sangat pesat musim lalu. Pengalaman menjadikannya pencetak gol terbanyak musim lalu, bahkan sampai memecahkan rekor Gerd Mueller.”

Pada Bundesliga 2020-2021, Lewandowski mengemas 41 gol. Ia menjadi pemain dengan koleksi gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga, mengusangkan rekor berusia 49 tahun milik Gerd Mueller.

“Hal tersebut benar-benar spesial dan saya pikir saat ini Lewandowski adalah pemain terbaik di Bundesliga,” ujar Pizarro.

Selain Lewandowski, Pizarro juga berkomentar soal pelatih baru Bayern Muenchen, Julian Nagelsmann.

Nagelsmann mengisi posisi Hansi Flick yang meninggalkan Bayern Muenchen untuk menukangi timnas Jerman.

“Julian adalah pelatih muda Jerman . Dia membawa setiap tim yang dilatihnya ke arah yang jelas. Dia hanya kurang torehan trofi.”

“Saya pikir sekarang dia punya peluang bersama tim bagus ini (Bayern) untuk memenangi titel dan menunjukkan kepada dunia bahwa dirinya adalah salah satu pelatih terbaik,” ujar Pizarro yang turut mengantar Bayern juara Liga Champions pada 2012-2013.

https://bola.kompas.com/read/2021/08/13/09000078/dari-elber-hingga-lewandowski-legenda-bundesliga-sebut-satu-terbaik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke