Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Datang dengan Rekor Transfer, Lukaku Diyakini Bisa Ulangi Kesuksesan Chelsea

Chelsea secara resmi mengumumkan kedatangan Romelu Lukaku lewat unggahan di akun media sosial dan laman resmi klub pada Kamis (12/8/2021) malam WIB.

Dalam pengumuman tersebut, Chelsea menjelaskan bahwa Romelu Lukaku telah menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

"Romelu Lukaku kembali berseragam biru Chelsea. Pemain Belgia itu telah menandatangani kontrak lima tahun dan akan menambah daya serang skuad juara Eropa Thomas Tuchel," demikian pernyataan resmi Chelsea.

Chelsea tidak menyebutkan besaran biaya transfer yang mereka keluarkan untuk merekrut Romelu Lukaku dari Inter Milan.

Namun, Sky Sport menulis, biaya transfer yang harus dileluarkan Chelsea untuk mewujudkan transfer Lukaku mencapai 97,5 juta pound atau setara Rp 1,9 triliun.

Angka tersebut sekaligus menjadi rekor transfer Chelsea.

Sebelum mendatangkan Lukaku, biaya transfer terbesar yang dikeluarkan Chelsea adalah 75,8 juta pound (sekitar Rp 1,5 triliun), yakni ketika mendatangkan Kai Havertz dari Bayer Leverkusen pada September 2020.

Di samping itu, pakar transfer dunia, Fabrizio Romano, melaporkan bahwa Lukaku akan menerima gaji sebesar 12 juta euro (sekitar Rp 202 miliar) per musim plus bonus.

Romano menyebut transfer Lukaku ke Chelsea menjadi penjualan terbesar dalam sejarah Serie A, kasta tertinggi Liga Italia.

Alhasil, Lukaku menyandang dua predikat saat berlabuh ke Chelsea, yakni menjadi pemecah rekor transfer The Blues dan penjualan terbesar dalam sejarah Serie A.

Setelah mendatangkan Lukaku dengan rekor transfer klub, Chelsea menyatakan ambisi dan keyakinannya.

Chelsea percaya Lukaku akan membantu upaya klub untuk mengulangi kesuksesan musim lalu, ketika berhasil menjuarai Liga Champions.

Selain Liga Champions, Chelsea pun baru saja meraih trofi Piala Super Eropa setelah mengalahkan Villarreal selaku juara Liga Europa, Kamis (12/8/2021) dini hari WIB.

“Romelu Lukaku adalah salah satu striker dan pencetak gol terbaik di dunia," kata Direktur Chelsea, Marina Granovskaia.

"Kami benar-benar senang membawanya kembali ke klub yang dia cintai, dan bersemangat untuk menambahkan bakatnya ke skuad pemenang Liga Champions kami," ujar Marina.

“Kami tentu saja ingin membangun kesuksesan musim lalu, dan Lukaku akan memainkan peran besar dalam mencapai target kami," ucap Marina menambahkan.

"Saya yakin semua penggemar Chelsea akan bergabung dengan saya untuk mengucapkan, 'Selamat datang di rumah, Romelu!'," tutur Marina.

Bagi Lukaku, Chelsea bukanlah klub baru dalam karier profesionalnya.

Kala itu, Chelsea merekrut Lukaku yang masih berusia 18 tahun dari klub asal Belgia, Anderlecht.

Selama berstatus pemain Chelsea, Lukaku sempat dipinjamkan ke West Bromwich Albion (2012-2013) dan Everton (2013-2014).

Di luar masa peminjaman itu, Lukaku tercatat hanya memainkan 15 laga bersama skuad utama Chelsea.

Setelah itu, dia resmi dikontrak Everton pada Juli 2014 hingga hengkang ke Manchester United pada Juli 2017.

Seiring berjalannya waktu, Lukaku menjelma sebagai penyerang tangguh dan tajam, terutama setelah bergabung dengan Inter Milan pada Agustus 2019.

Dia berkontribusi besar di balik keberhasilan Inter Milan meraih gelar Serie A, kasta tertinggi Liga Italia, musim 2020-2021.

Kala itu, Lukaku menyumbangkan 24 gol dan 10 assist dari 36 penampilan.

Lalu, apabila dilihat secara keseluruhan, Lakaku telah menyumbangkan 64 gol dan 16 assist dari 95 penampilan bersama Inter Milan di semua kompetisi.

Catatan tersebut cukup menunjukkan besarnya kontribusi yang telah Lukaku berikan untuk kubu Nerazzurri, julukan Inter Milan.

Dia pun kini meninggalkan Inter Milan dan kembali ke Chelsea dengan pengalaman serta kepercayaan diri yang jauh lebih tinggi.

Kepecayaan diri itu tampak dalam kata-kata pertama Lukaku setelah resmi kembali ke pelukan Chelsea.

"Saya senang dan merasa terberkati untuk kembali ke klub yang luar biasa ini," kata Lukaku.

"Ini merupakan perjalanan panjang bagi saya. Saya datang ke sini sebagai seorang anak yang harus banyak belajar, sekarang saya kembali dengan banyak pengalaman dan lebih dewasa," ujar Lukaku.

https://bola.kompas.com/read/2021/08/13/06400008/datang-dengan-rekor-transfer-lukaku-diyakini-bisa-ulangi-kesuksesan-chelsea

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke