Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Liga 1 Harus Segera Bergulir di Mata Pelatih Persebaya

Sebab, banyak alasan positif untuk memutar kompetisi walaupun di tengah pembatasan kegiatan masyarakat.

Dia mengatakan, sepak bola begitu dominan di masyarakat Indonesia, apalagi sepak bola bukan lagi sekadar hiburan, melainkan juga kultur bagian dari pendukungnya.

Adanya gelaran kompetisi sepak bola akan banyak orang berlama-lama tinggal di rumah, khususnya para fans dan suporter yang sudah sangat rindu melihat tim-tim kebanggaannya berlaga.

"Menurut pemikiran saya, kompetisi ini harus diputar, mengapa? Justru karena dengan kompetisi ini, terutama pencinta-pencinta sepak bola betah di rumah," kata Aji Santoso.

"Coba bayangkan berapa ratus ribu sekarang pencinta sepak bola, misal seperti Bonek pencinta Persebaya, pencinta Persib, The Jak bersama Persija, dan yang lain. Kalau ada pertandingan, pasti mereka kan akan menonton di TV. Itu kan juga mengurangi aktivitas di luar," katanya.

Selain itu, salah satu alasan utama masyarakat keluar rumah adalah mencari hiburan untuk memecah kejenuhan.

Dengan siaran sepak bola di rumah tentu akan menghadirkan hiburan tersendiri. Itu menjadi solusi yang sangat efektif untuk membantu menekan kegiatan masyarakat di luar ruangan.

"Jadi, menurut saya untuk menghambat laju orang keluar memang harus ada hiburan sepak bola," tutur pelatih berlisensi AFCPro itu.

"Coba kalau Persebaya main, berapa ratus ribu orang yang tidak keluar, kan mungkin bisa jadi 1 juta orang tidak keluar rumah karena menonton timnya," ucapnya.

"Justru ini sebaiknya diputar dengan catatan protokol kesehatan ketat dan akan diam di rumah, dengan catatan tidak boleh nobar dan berkerumun," katanya.

Tidak kalah penting seluruh pertandingan yang diselenggarakan pun menggunakan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Semua pemain dan ofisial pun wajib divaksin sehingga memberikan contoh nyata untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pandemi.

"Alasan kedua juga kompetisinya di satu tempat dengan protokol kesehatan yang tinggi," katanya.

https://bola.kompas.com/read/2021/07/29/14000018/alasan-liga-1-harus-segera-bergulir-di-mata-pelatih-persebaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke