Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Argentina Juara Copa America, Persembahan untuk Pejuang Tim Tango di Masa Lalu

Persembahan tersebut diberikan oleh pelatih yang berhasil membawa Argentina menjadi juara Copa America 2021, Lionel Scaloni.

Seperti diketahui, Argentina dipastikan menjadi juara Copa America 2021 setelah menang atas tuan rumah Brasil pada partai puncak yang berlangsung di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (11/7/2021) pagi WIB.

Dalam laga tersebut, Argentina mengalahkan Brasil dengan skor 1-0 berkat gol Angel Di Maria pada menit ke-22.

Gol semata wayang Angel Di Maria yang tak mampu dibalas oleh Neymar dkk sudah cukup untuk membawa Argentina meraih trofi Copa America 2021.

Bagi Argentina, ini merupakan raihan trofi pertama setelah kali terakhir menjuarai Copa America 1993.

Artinya, mereka butuh 28 tahun untuk mengakhiri puasa gelar tersebut.

Penantian lama inilah yang kemudian mengetuk hati Lionel Scaloni untuk mempersembahkan gelar Copa America kepada para pejuang Tim Tango di masa lalu.

Selama masa penantian 28 tahun, sudah banyak pemain Argentina yang berjuang tetapi gagal menyumbangkan gelar turnamen akbar (Piala Dunia dan Copa America).

Gonzalo Higuain, Carloz Tevez, Esteban Cambiasso, Joan Riquelme, dan Javier Saviola, adalah sebagian dari sederet nama pemain yang pernah berjuang tetapi belum pernah meraih dua gelar tersebut bersama timnas Argentina.

Scaloni merasa mereka tetap layak mendapat penghargaan yang setinggi-tingginya di balik keberhasilan Argentina di Copa America 2021.

"Copa America adalah turnamen yang berbeda dan sangat sulit. Memenangi pertandingan melawan tim mana pun akan terasa sulit karena banyak kondisi, tetapi pada akhirnya kami berhasil," kata Scaloni, dikutip dari TyC Sports.

"Saya ingin mendedikasikannya untuk ibu saya, keluarga saya, dan mereka (pemain Argentina) yang sudah berusaha dan nyaris memenanginya," ujar Scaloni.

"Ini untuk mereka karena bagaimana pun mereka telah meninggalkan warisan kepada para pemain yang kini ada di dalam skuad dan tentu untuk mereka sendiri," tutur mantan asisten pelatih Sevilla dan timnas U20 Argentina itu.

Secara pribadi, Scaloni mengaku senang setelah membawa Argentina meraih trofi Copa America 2021.

Dia mengaku telah mengincar keberhasilan ini sejak memutuskan berkarier sebagai pelatih.

"Sejak memutuskan untuk melatih, saya tahu ini adalah hasrat saya (memenangi Copa America). Tentu saja, ini adalah gelar yang bagus untuk negara kami. Para suporter benar-benar mendukung dan pernah menderita bersama kami," ucap Scaloni.

https://bola.kompas.com/read/2021/07/11/15400058/argentina-juara-copa-america-persembahan-untuk-pejuang-tim-tango-di-masa-lalu

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+