Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Euro 2020: Generasi Emas Belgia Tumbang, Italia Lolos ke Semifinal

Duel Belgia vs Italia yang berlangsung di Allianz Arena, Muenchen, Jerman, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB, berakhir 2-1 untuk kemenangan Italia. 

Gli Azzurri, julukan timnas Italia, menang tipis berkat gol Nicolo Barella (menit ke-31) dan Lorenzo Insigne (44'). 

Sementara itu, satu gol balasan Italia tercipta via tendangan penalti Romelu Lukaku pada injury time babak pertama, tepatnya menit ke-45+2. 

Kekalahan ini memupus harapan Belgia untuk menjadi juara Euro 2020. Padahal, tim berjulukan The Red Devils itu dalam momen yang bagus untuk meraih prestasi tahun ini.

Pasalnya, mereka diperkuat para pemain yang disebut generasi emas seperti Kevin De Bruyne, Eden Hazard, hingga Romely Lukaku.

Adapun Italia selanjutnya bakal berhadapan dengan Spanyol pada babak 4 besar Euro 2020 pada Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. 

Ulasan pertandingan

Belgia mengawali pertandingan dengan bagus. Kevin De Bruyne yang sudah pulih dari cedera pergelangan kakinya menciptakan peluang bagi Romelu Lukaku untuk mencetak gol pada menit awal.

Namun, Lukaku kalah cepat dengan kiper Italia Gianluigi Donnarumma yang langsung keluar dari sarangnya untuk mengamankan bola.

Italia sejatinya berhasil membobol gawang Belgia pada menit ke-13. Namun, wasit Slavko Vincic tidak mengesahkan gol tersebut setelah Video Assistant Referee (VAR) menunjukkan Giorgio Chiellini dalam posisi offside.

Menit ke-22, Belgia memiliki peluang bagus untuk membuka keunggulan. Kevin De Bruyne melepaskan tendangan melengkung ke sudut kiri gawang dari tepi kotak penalti.

Akan tetapi, upaya pemain Manchester City itu bisa digagalkan Donnarumma.

Belgia masih membuat lini pertahanan Italia kerepotan pada menit ke-24. Lukaku berhasil melewati kawalan Chiellini dan menendang bola yang tepat mengarah ke sasaran.

Kesempatan itu juga belum berbuah hasil karena lagi-lagi Donnarumma mampu melakukan penyelamatan.

Belgia justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-31 via gol Nicolo Berella. Gol bermula dari kemelut di dalam kotak penalti.

Pemain Belgia berhasil mengambil alih bola, tetapi justru salah sasaran dan mengumpan si kulit bundar ke Marco Verratti yang langsung meneruskannya ke Nicolo Barella.

Barella berhasil melewati penjagaan Thorgan Hazard dan Thomas Vermaelen, sebelum melepaskan tendangan keras yang gagal diantisipasi kiper Belgia, Thibaut Courtois.

Italia kemudian berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-44. Gol berawal dari pergerakan Lorenzo Insigne di sisi kiri penyerangan Italia.

Dia berhasil melewati sejumlah pemain lawan dan langsung menyarangkan bola ke sudut kanan gawang Belgia.

Menjelang babak pertama berakhir, wasit memberikan hadiah penalti ke Belgia setelah meninjau tayangan ulang VAR yang menunjukkan Giovanni Di Lorenzo melakukan pelanggaran terhadap Jeremy Doku.

Romelu Lukaku yang maju sebagai eksekutor berhasil membawa Italia memperkecil jarak menjadi 1-2 pada pengujung babak pertama. 

Pada babak kedua, tepatnya menit ke-61, Belgia hampir saja mencetak gol penyama kedudukan. 

Jeremy Doku dari sayap kiri penyerangan Belgia memberikan umpan terobosan ke dalam kotak penalti yang disambut Kevin De Bruyne. Dia lalu meneruskannya ke Lukaku yang berdiri di sebelah kanan kotak.

Itu menjadi peluang emas bagi Lukaku sebab dia sejatinya berada di depan gawang yang kosong karena Donnarumma tak dalam posisi ideal untuk menghentikannya. 

Sayang bagi Belgia, arah bola berubah setelah tendangan Lukaku membentur paha Leonardo Spinazzola. 

Peluang kembali tercipta untuk Lukaku pada menit ke-71. Namun, lagi-lagi dia belum berhasil sebab tendangannya berhasil diblok Jorginho. 

Belgia dan Italia saling jual beli serangan di sisa menit pertandingan babak kedua. Hanya saja, kedua tim tak berhasil menambah pundi-pundi gol lagi dan skor 2-1 bertahan hingga akhir laga. 

Dengan demikian, Italia berhak lolos ke semifinal Euro 2020. Pasukan Gli Azzurri sudah ditunggu Spanyol yang lebih dulu melaju ke babak 4 besar setelah menyingkirkan Swiss. 

BELGIA 1-2 ITALIA (Romelu Lukaku 45+2'; Nicolo Barella 31', Lorenzo Insigne 44')

Susunan pemain

Belgia (3-4-2-1): 1-Courtois (GK); 2-Alderweireld, 3-Vermaelen 6-Vertonghen; 15-Meunier (22-Chadli 69' (26-Praet 73')), 6-Witsel, 8-Tielemans (14-Mertens 69'), 16-T. Hazard; 7-De Bruyne, 25-Doku; 9-Lukaku.

Cadangan: 12-Kaminski, 13-Sels, 4-Boyata, 11-Carrasco, 18-Denayer, 19-Dendoncker, 20-Benteke, 23-Batshuayi, 24-Trossard.

Pelatih: Roberto Martinez.

Italia (4-3-3): 1-Donnarumma (GK); 4-Spinazzola (13-Emerson 79'), 3-Chiellini, 19-Bonucci, 2-Di Lorenzo; 6-Verratti (16-Cristante 74'), 8-Jorginho, 18-Barella; 14-Chiesa (25-Toloi 90+1'), 17-Immobile (9-Belotti 74'), 10-Insigne (11-Berardi 79').

Cadangan: 1-Sirigu, 26-Meret, 5-Locatelli, 12-Pessina, 15-Acerbi, 20-Bernardeschi, 23-Bastoni.

Pelatih: Roberto Mancini.

https://bola.kompas.com/read/2021/07/03/03585768/hasil-euro-2020-generasi-emas-belgia-tumbang-italia-lolos-ke-semifinal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke