Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Emil Forsberg, Si “Murid” Virtual Ronaldo Antar Swedia Tekuk Slovakia

KOMPAS.com - Bintang kemenangan Swedia atas Slovakia di Euro 2020, Emil Forsberg, merupakan “murid” virtual dari Cristiano Ronaldo.

Swedia berhasil mengalahkan Slovakia 1-0 dalam laga lanjutan Grup E Euro 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Jumat (18/6/2021).

Kemenangan Swedia dipastikan via gol penalti Emil Forsberg pada menit ke-77.

Emil Forsberg menyuguhkan performa apik di lini tengah Swedia. Pemakai nomor 10 tersebut merupakan salah satu pilar Swedia yang mencatat jarak jelajah terjauh, persisnya 10,33 kilometer.

Di antara pilar Blagult (Tim Biru-Kuning), julukan Swedia, jarak jelajah Forsberg cuma kalah dari Sebastian Larsson (10,94).

Selain dikenal punya mobilitas tinggi, Forsberg juga merupakan spesialis bola-bola mati Swedia.

Tak heran jika dirinya maju sebagai eksekutor saat Swedia memperoleh hadiah penalti pada babak kedua laga melawan Slovakia.

Secara tenang Forsberg menempatkan bola menembus gawang kawalan Martin Dubravka, kiper Slovakia.

Bicara keahlian mengeksekusi bola-bola mati, Emil Forsberg menyebut Cristiano Ronaldo sebagai salah satu inspirasi terbesarnya, terutama dalam situasi tendangan bebas.

Forsberg boleh dibilang merupakan “murid” virtual Ronaldo, karena semasa kecil dirinya sangat getol mengulik video-video tendangan bebas sang idola via YouTube.

Bahkan, saking terobsesi dengan teknik sepakan bebas knucke ball ala Ronaldo, punggung kaki Forsberg sampai terlalu lelah.

“Saya mungkin berusia 14-15 tahun saat dia (Ronaldo) muncul dengan tendangan bebasnya,” ujar Forsberg kepada media Swedia, Aftonbladet.

“Wow, sial, saya ingin menembak seperti itu juga. Saya hampir tak bisa menembak dengan punggung kaki karena berlatih terlalu sering.”

“Sekarang, saya menembak dengan cara seperti itu,” ujar Forsberg mengenang upaya dirinya semasa bocah untuk meniru teknik tendangan bebas Ronaldo.

https://bola.kompas.com/read/2021/06/18/22104698/emil-forsberg-si-murid-virtual-ronaldo-antar-swedia-tekuk-slovakia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke