Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Chelsea Vs Real Madrid, Potensi Zidane Ikuti Jejak Sir Alex Ferguson

LONDON, KOMPAS.com - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, berpeluang mengukir sejarah jika berhasil mengantar timnya menyingkirkan Chelsea.

Duel Chelsea vs Real Madrid merupakan laga leg kedua semifinal Liga Champions yang akan dihelat di Stadion Stamford Bridge pada Kamis (6/5/2021) dini hari WIB.

Syarat yang harus dipenuhi Real Madrid agar bisa lolos ke final Liga Champions musim ini adalah menang atau menahan imbang Chelsea dengan skor lebih dari 1-1.

Dua syarat itu tidak lepas dari hasil imbang 1-1 yang didapat Real Madrid ketika menjamu Chelsea di Stadion Alfredo Stefano tengah pekan lalu.

Jika Real Madrid berhasil menyingkirkan Chelsea, Zinedine Zidane akan masuk ke dalam jajaran pelatih yang paling sering merasakan final Liga Champions.

Zidane akan mengikuti jejak Sir Alex Ferguson dan dua pelatih legendaris asal Italia, yakni Carlo Ancelotti serta Marcelo Lippi.

Ketiga sosok itu tercatat sudah empat kali membawa tim lolos ke final Liga Champions.

Dari ketiganya, Carlo Ancelotti menjadi yang paling sukses dengan raihan tiga trofi juara Liga Champions diikuti oleh Ferguson (2) dan Marcelo Lipi (1).

Jumlah trofi Liga Champions milik Ancelotti sebenarnya sama dengan koleksi Zinedine Zidane. Bedanya, Zidane tidak pernah merasakan kekalahan di final Liga Champions sebagai pelatih.

Satu hal lain yang membedakan pencapaian Zidane dan Ancelotti adalah waktu untuk meraih tiga trofi tersebut.

Ancelotti membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun untuk mengumpulkan tiga trofi Liga Champions sejak meraih gelar pertamanya bersama AC Milan pada 2002-2003.

Dua trofi Liga Champions lainnya didapat Ancelotti pada 2006-2007 bersama AC Milan dan 2013-2014 ketika melatih Real Madrid.

Di sisi lain, Zidane hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua setengah musim untuk meraih tiga gelar juara Liga Champions.

Tiga gelar itu didapat Zidane bersama Real Madrid pada musim 2015-2016, 2016-2017, dan 2017-2018.

Kesuksesan itu membuat Zidane kini berstatus satu-satunya pelatih yang berhasil meraih tiga trofi Liga Champions secara beruntun.

Itu artinya, Zidane memiliki rekor 100 persen pasti ke final jika sudah berhasil melangkah sampai ke semifinal Liga Champions.

Dari tiga semifinal sebelumnya, Zidane tercatat hanya pernah kalah satu kali menelan kekalahan.

Momen itu terjadi saat Real Madrid kalah 1-2 dari Atletico Madrid pada leg kedua semifinal musim 2016-2017.

Musim ini, Zidane tentu harus bekerja keras jika tidak ingin rekornya 100 persen lolos dari semifinal Liga Champions tercoreng.

Sebab, Real Madrid dipastikan akan tampil pincang tanpa tiga pemain, yakni Lucas Vazquez, Daniel Carvajal, dan Raphael Varane, yang masih menderita cedera.

Real Madrid saat ini juga masih harap-harap cemas menantikan kondisi Ferland Mendy dan Sergio Ramos yang baru saja pulih dari cedera.

Terkini, Ferland Mendy dan Sergio Ramos terlihat sudah berpartisipasi dalam latihan Real Madrid pada Selasa (4/5/2021).

Namun, Zidane dalam konferensi pers menjelang laga masih belum bisa memastikan apakah Ferland Mendy atau Sergio Ramos bisa bermain atau tidak.

Di sisi lain, Chelsea akan bertanding dengan skuad yang lebih lengkap karena hanya kehilangan Mateo Kovacic yang cedera.

Pemenang dari duel Chelsea melawan Real Madrid nantinya akan berhadapan dengan Manchester City di partai final.

Man City sukses lolos ke final terlebih dahulu seusai menyingkirkan raksasa Perancis, Paris Saint-Germain, dengan total agregat 4-1.

https://bola.kompas.com/read/2021/05/05/15400058/chelsea-vs-real-madrid-potensi-zidane-ikuti-jejak-sir-alex-ferguson

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke