Salin Artikel

5 Hal Menarik dari Laga Man City Vs PSG

KOMPAS.com - Manchester City berhasil melenggang ke final Liga Champions untuk kali pertama sepanjang sejarah mereka setelah menorehkan kemenangan 2-0 pada laga leg kedua semifinal kontra PSG, Rabu (5/5/2021) dini hari WIB.

Dua gol dari Riyad Mahrez pada masing-masing babak pertandingan Liga Champions di Stadion Etihad memastikan City menang 4-1 secara agregat.

PSG lalu harus bermain dengan 10 orang setelah Angel Di Maria mendapat kartu merah pada menit ke-69.

Berikut adalah lima hal menarik dari laga Liga Champions tersebut:

1. Final Liga Champions pertama Man City

Kemenangan ini membawa Man City lolos ke final Liga Champions pertama sepanjang sejarah klub.

Tak hanya itu, Man City juga menjadi tim Inggris kesembilan yang mencapai final Piala/Liga Champions. Jumlah itu tiga kali lebih banyak dari negara-negara Eropa lain (6 tim, Jerman dan Italia).

Ini akan menjadi partai final antarklub Eropa pertama Man City sejak final Piala Winners 1970 ketika mereka menjadi juara setelah mengalahkan tim Polandia, Gornik Zabrze.

2. Rekor Guardiola di Final Liga Champions

Pep Guardiola melaju ke final Liga Champions pertama baginya sejak ia membawa Barcelona menjadi juara kompetisi terakbar klub-klub Eropa itu pada 2011.

Man City kini akan bermain lawan Chelsea atau Real Madrid pada laga final di Istanbul pada 30 Mei 2021 dini hari WIB.

Guardiola telah melaju ke dua final Liga Champions sebelum ini dan merayakan dua kemenangan.

Barcelona menang 3-1 kontra Manchester United pada final 2011 lewat gol Pedro, Lionel Messi, dan David Villa. Sebelumnya, Pep membawa Barca menang atas tim sama pada final 2009 lewat gol-gol Samuel Eto'o dan Messi.

3. Man City Masih Tak Terkalahkan di Liga Champions Musim Ini

Manchester City merupakan satu-satunya tim yang tak terkalahkan di Liga Champions musim ini. Catatan mereka kini adalah 11 kemenangan dan sekali seri dari 12 laga.

Man City menjadi tim Inggris pertama yang memenangi 11 laga di Piala/Liga Champions dalam satu musim.

The Citizens juga mencatatkan rekor kemenangan beruntun (7) bagi sebuah klub Inggris di kompetisi ini.

Satu-satunya tim yang bisa menahan City dari menang musim ini adalah Porto pada 1 Desember 2020 setelah City memastikan kelolosan dari grup.

Man City juga hanya kalah dua kali dari 30 laga Liga Champions terakhir mereka. Kekalahan terakhir datang pada laga perempat final Liga Champions musim lalu kontra Lyon (1-3) yang membuat Kevin De Bruyne cs terdepak dari kompetisi.

4. Merayakan Setiap Blok

Pada laga ini, bukan hanya gol-gol yang dirayakan oleh Kevin De Bruyne cs. Para pemain The Sky Blues pun merayakan setiap blok ibarat sebuah gol.

Salah satunya adalah ketika Oleksandr Zinchenko melakukan blok dari tembakan Neymar pada menit ke-55. John Stones langsung memeluk pemain asal Ukraina tersebut.

Manchester City akhirnya melakukan 9 blok tembakan pada laga di Stadion Etihad tersebut.

Alhasil, PSG gagal mencatatkan satu pun tembakan tepat sasaran. Kiper Man City, Ederson, bahkan tidak perlu melakukan penyelamatan sama sekali sejak menit ke-28 partai leg pertama medio pekan lalu.

5. Disiplin Paris Hilang

VAR melihat insiden tersebut dan mengonfirmasi kartu merah. Disiplin Paris hilang setelah itu dengan beberapa pemain melakukan pelanggaran keras.

Salah satu yang paling menonjol adalah bek Presnel Kimpembe yang beruntung hanya mendapat kartu kuning setelah menebas kaki Gabriel jesus.

PSG juga harus bermain dengan 10 pemain sejak Idrissa Gueye mendapat kartu merah langsung pada menit ke-77 laga leg pertama.

Paris menjadi tim ketiga yang menerima kartu merah di kedua leg laga semifinal Liga Champions.

https://bola.kompas.com/read/2021/05/05/04443448/5-hal-menarik-dari-laga-man-city-vs-psg

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.