Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Asnawi Usai Jadi Pemain Terbaik di Liga Korsel: Terima Kasih Indonesia ...

KOMPAS.com - Bek Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam, mengucapkan terima kasih kepada publik sepak bola Indonesia seusai terpilih menjadi pemain terbaik Kasta Kedua Liga Korea Selatan, K-League 2, periode April 2021.

Asnawi Mangkualam ditetapkan sebagai pemain terbaik K-League 2 periode April 2021 pada Senin (3/5/2021).

Sebagai informasi, mekanisme pemilihan pemain terbaik K-League 2 menggunakan sistem voting atau jajak pendapat.

Asnawi Mangkualam pada pemilihan kali ini bersaing dengan tiga pemain lain, yakni Kim Hyun Woo (Jeonnam Dragons), Nelson Junior (Anyang), dan Patou (Daejeon).

Hasilnya, Asnawi Mangkualam menang telak dengan total suara mencapai 99 persen.

Melihat hasil voting tersebut, Asnawi Mangkualam mengaku kaget karena merasa belum bermain maksimal sepanjang April 2021.

Atas dasar itu, Asnawi Mangkualam hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada publik terutama netizen Indonesia yang telah memberikan suaranya.

"Awalnya, saya tidak menduga bisa mendapatkan penghargaan ini. Sebab, saya tidak pernah bermain penuh," kata Asnawi dalam konferensi pers virtual yang dihadiri KOMPAS.com pada Selasa (4/5/2021).

"Penghargaan ini saya dapatkan karena netizen Indonesia yang sudah menyumbangkan suaranya. Terima kasih untuk netizen Indonesia," ujar Asnawi menambahkan.

"Saya sangat bersyukur dan senang bisa beradaptasi dengan baik di sini."

"Selama proses adaptasi, saya sangat dibantu oleh rekan satu tim dan warga Indonesia yang ada di ini," tutur Asnawi menambahkan.

Selama April 2021, Asnawi Mangkualam mendapat kesempatan tampil empat kali membela Ansan Greeners sebagai starter.

Penampilan terbaik Asnawi Mangkualam terjadi ketika Ansan Greeners menghadapi Daejeon pada laga pekan ke-8 K-League 2, Sabtu (24/4/2021).

Asnawi yang tampil sebagai winger kanan sukses mencetak satu assist untuk membantu Ansan Greeners mengalahkan Daejeon dengan skor tipis 1-0.

Berkat satu assist tersebut, Asnawi Mangkualam langsung terpilih masuk dalam tim terbaik K-League 2 pekan ke-8.

Selama membela Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam beberapa kali ditempatkan sebagai penyerang sayap oleh pelatih Kim Gik-sik.

Hal itu tentu mengejutkan mengingat posisi asli Asnawi selama bermain di Indonesia adalah bek sayap kanan.

Mengenai perubahan posisi di Ansan Greneers, Asnawi Mangkualam mengakui dirinya sedikit terkejut ketika pertama kali ditempatkan sebagai penyerang sayap kanan.

Namun, Asnawi Mangkualam memastikan dirinya tidak mempermasalahkan perubahan posisi itu karena sangat percaya dengan Kim Gik-sik.

"Saya awalnya tidak tahu mengapa saya ditempatkan di posisi tersebut. Rekomendasi Shin Tae-yong juga tidak sampai di sana," kata Asnawi.

"Saat latihan, Kim Gik-sik memang meminta saya untuk beradaptasi dengan posisi wingback kanan. Saya pribadi nyaman dengan posisi tersebut," ujar Asnawi.

"Namun, kalau harus bermain sebagai winger kanan, saya tentu harus beradaptasi lagi," tutur Asnawi menambahkan.

Terkini, Asnawi Mangkualam dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia yang akan dihelat di Jakarta pada 1 Mei hingga 10 Mei 2021.

Pemusatan latihan kali ini adalah bagian dari persiapan timnas Indonesia untuk menghadapi tiga pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Thailand (pada 3 Juni 2021), Vietnam (7 Juni), dan Uni Emirat Arab (11 Juni). Seluruh pertandingan itu akan dihelat di Uni Emirat Arab.

Timnas Indonesia rencananya akan bertolak ke Uni Emirat Arab pada pertengahan Mei 2021 setelah menyelesaikan pemusatan latihan di Jakarta.

Asnawi Mangkualam sendiri kemungkinan baru bisa bergabung ketika timnas Indonesia sudah tiba di Uni Emirat Arab.

https://bola.kompas.com/read/2021/05/04/21000068/kata-asnawi-usai-jadi-pemain-terbaik-di-liga-korsel--terima-kasih-indonesia--

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke