Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kata Kapten Liverpool soal European Super League dan Sindiran Leeds United

KOMPAS.com - Liverpool disindir Leeds United gara-gara ikut European Super League alias Liga Super Eropa. James Milner merasa itu tidak adil.

Ada pemandangan unik menjelang laga Leeds United vs Liverpool di Stadion Elland Road, Selasa (20/4/2021) dini hari WIB, pada pekan ke-32 Liga Inggris 2020-2021.

Para pemain Leeds United mengenakan kaus bertuliskan "Football is for The Fans" yang artinya kira-kira "Sepak Bola adalah untuk Para Penggemar" di bagian belakang.

Sementara, di bagian depan kaus tersebut terdapat logo Liga Champions dan sebuah tulisan "Earn It" yang artinya "Dapatkanlah atau "Gapailah".

Aksi para pemain Leeds United itu merupakan sindiran untuk Liverpool terkait European Super League (ESL) atau Liga Super Eropa. 

The Reds diketahui sebagai salah satu di antara 12 klub elite Eropa yang berstatus sebagai "pendiri" European Super League.

Bahkan, petinggi Liverpool, John W. Henry mendapatkan kursi penting di proyek kompetisi tandingan Liga Champions besutan UEFA itu.

John W. Henry menjadi wakil presiden ESL bersama Joel Glazer (Manchester United), Stan Kroenke (Arsenal), dan Andrea Agnelli (Juventus).

Mereka berempat berada di bawah komando Florentino Perez (Real Madrid) sebagai presiden European Super League.

Selain Liverpool, klub-klub Inggris yang juga berstatus sebagai pelopor ESL adalah Arsenal, Manchester United, Manchester City, Chelsea, dan Tottenham Hotspur.

Sementara, enam klub lainnya berasal dari Italia dan Spanyol, yakni AC Milan, Inter Milan, Juventus, Atletico Madrid, Barcelona, dan Real Madrid.

Kehadiran European Super League memang banyak diprotes karena dinilai hanya menguntungkan klub-klub besar dan bakal berdampak buruk ke iklim kompetisi domestik.

UEFA juga menentang proyek ESL dan mengancam bakal memberi sanksi berat kepada klub dan para pemain yang terlibat di dalamnya.

Kapten Liverpool James Milner termasuk yang kontra dengan wacana Liga Super Eropa.

"Saya tidak menyukainya dan mudah-mudahan itu tidak terjadi," kata Miler kepada Sky Sports.

“Saya hanya bisa mengatakan pandangan saya, saya tidak suka dan mudah-mudahan tidak terjadi," ucap Milner menambahkan.

Soal sindiran Leeds kepada Liverpool terkait European Super League, Milner merasa itu tidak adil.

"Sambutan yang kami dapatkan di lapangan malam ini agak tidak adil. Kami di sini hanya untuk bermain sepak bola," ucap pemain 35 tahun asal Inggris itu.

Hasil laga Leeds United vs Liverpool

Sementara itu, hasil laga Leeds United vs Liverpool berakhir tanpa pemenang. Kedua tim harus puas berbagi angka 1-1.

Liverpool unggul terlebih dahulu pada menit ke-31 lewat sepakan kaki kanan Sadio Mane.

Namun, keunggulan mereka buyar tiga menit menjelang laga bubar. Leeds menyamakan kedudukan melalui tandukan Diego Llorente (87').

Hasil imbang ini membuat Liverpool tak beranjak dari peringkat keenam klasemen Liga Inggris. The Reds saat ini mengoleksi 53 poin dari 32 laga.

Sementara itu, Leeds United duduk di tangga nomor 10 dengan koleksi 46 poin.

https://bola.kompas.com/read/2021/04/20/07300048/kata-kapten-liverpool-soal-european-super-league-dan-sindiran-leeds-united

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke