Salin Artikel

Klopp: Van Dijk dan Joe Gomez Mungkin Tidak Bisa Tampil di EURO 2021

KOMPAS.com - Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, menilai perkembangan pemulihan cedera dari Virgil van Dijk dan Joe Gomez saat ini sangat positif.

Namun, Klopp  tidak yakin Van Dijk dan Joe Gomez bisa membela negara mereka masing-masing pada ajang Piala Eropa atau EURO 2021 pertengahan tahun ini.

Van Dijk sudah menepi dan naik meja operasi karena cedera ligamen lutut atau biasa disebut Anterior Cruciate Ligament (ACL) level tiga sejak Oktober 2020.

Cedera itu didapat Van Dijk saat membela Liverpool pada laga pekan kelima Liga Inggris tepatnya duel derbi Merseyside melawan Everton, 17 Oktober 2020.

Di sisi lain, Joe Gomez menepi sejak November 2020 karena menderita cedera otot tendon lutut ketika berlatih bersama timnas Inggris.

Sama seperti Van Dijk, Joe Gomez juga harus naik meja operasi untuk memperbaiki lutut kirinya.

Terkini, Van Dijk dan Joe Gomez terlihat sudah berlatih secara individu di fasilitas latihan Liverpoo yang terletak di Kirkby.

Menurut Klopp, progres pemulihan cedera Van Dijk dan Joe Gomez sangat positif setiap harinya.

Meski demikian, Klopp masih belum bisa memastikan kapan Van Dijk dan Joe Gomez benar-benar pulih untuk kembali berlatih.

Klopp hanya bisa memprediksi bahwa Van Dijk dan Joe Gomez kemungkinan besar akan absen pada Piala Eropa 2021.

"Ini bukan keputusan saya. Namun, dari informasi yang saya dapat sekarang, Van Dijk dan Gomez kemungkinan tidak bisa tampil di Piala Eropa 2021," kata Klopp dikutip dari situs BBC Sport.

"Saya tentu akan sangat bahagia jika mereka bisa pulih lebih cepat. Joe Gomez sampai saat ini belum bisa berlari. Van Dijk sudah bisa, tetapi masih kesakitan," tutur Klopp.

"Kapan mereka akan kembali? Apakah mereka siap untuk Piala Eropa? Saya tidak tahu. Saya tidak bisa memutuskan. Mereka akan kembali jika sudah pulih," ujar Klopp menambahkan.

"Kami akan senang jika mereka sudah kembali saat latihan pramusim. Namun, saya pikir mereka tidak akan siap untuk Piala Eropa 2021," ucap Klopp.

"Ini bukan tentang saya melarang mereka membela negara masing-masing. Saya tidak akan melakukan itu. Ini adalah soal cedera yang parah," ujar pelatih asal Jerman itu menambahkan.

Piala Eropa 2021 akan dihelat di 12 kota pada 11 Juni hingga 11 Juli 2020.

Inggris tergabung di Grup D bersama Kroasia, Skotlandia, dan Republik Ceko.

Inggris kemungkinan besar tidak akan terlalu kehilangan jika Joe Gomez benar-benar terpaksa absen di Piala Eropa 2021.

Sebab, Inggris memiliki banyak stok bek tengah senior seperti Michael Keane, Tyron Mings, Conor Coady, hingga kapten Manchester United, Harry Maguire.

Berbeda dari Inggris, Belanda kemungkinan akan sangat kehilangan sosok Virgil van Dijk.

Pasalnya, Van Dijk adalah kapten timnas Belanda sejak 2018.

Van Dijk juga merupakan sosok kunci keberhasilan timnas Belanda menjadi runner up UEFA Nations League 2019 dan lolos ke Piala Eropa 2021.

Di Piala Eropa 2021, Belanda tergabung di Grup C bersma Ukraina, Austria, dan Makedonia Utara.

https://bola.kompas.com/read/2021/03/14/16200068/klopp--van-dijk-dan-joe-gomez-mungkin-tidak-bisa-tampil-di-euro-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.