Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persib Buka Peluang Andalkan Pemain dari Tim Satelit di Piala Menpora

BANDUNG, KOMPAS.com - Persib Bandung berpeluang mengandalkan sejumlah pemain dari tim satelit mereka, Bandung United, dalam kiprahnya di Piala Menpora 2021.

Dalam masa persiapan awal menghadapi Liga 1 2021, Persib banyak ditinggal pemain andalannya. Tercatat, enam pemain hengkang dari skuad klub berjulukan Maung Bandung itu.

Enam nama yang dipastikan keluar dari Persib adalah; Fabiano Beltrame, Zulham Zamrun, Beni Oktovianto, Omid Nazari, Ghozali Siregar, dan Kim Jeffrey Kurniawan.

Hengkangnya enam pemain tersebut membuat jumlah pemain di skuad Persib saat ini berkurang drastis. Apalagi dalam Piala Menpora 2021, Persib juga dipastikan tidak diperkuat Geoffrey Castillion.

Penyerang berkebangsaan Belanda itu sedang dipinjamkan ke klub Serie C Italia, Como 1907. Castillion dijadwalkan kembali ke Persib pada Mei atau Juni mendatang.

Adapun untuk dua pemain asing Persib lainnya, Nick Kuipers dan Wander Luiz, masih diragukan tampil maksimal di Piala Menpora 2021. Sampai saat ini, Kuipers dan Luiz belum tampak bergabung dalam sesi latihan tim Persib yang digelar sejak 1 Maret lalu.

Kuipers sejatinya sudah berada di Indonesia. Hanya saja, dia belum bisa bergabung dalam sesi latiham tim lantaran harus menjalani prosedur karantina mandiri selama lima hari.

Sementara Luiz baru bisa terbang ke Indonesia dari Brasil pada pekan ini. Hanya saja, Luiz juga harus terlebih dahulu menjalani isolasi selama lima hari sebelum bergabung dalam sesi latihan tim Persib.

Absennya sejumlah pemain dalam masa persiapan awal menghadapi Liga 1 2021 membuat pelatih Persib Robert Rene Alberts harus putar otak.

Demi memaksimalkan jumlah pemain dalam sesi latihan, Alberts pun memanggil delapan pemain dari Bandung United ikut berlatih bersama Persib.

Meski melibatkan delapan pemain dari tim satelit dalam sesi latihan tim Persib, Alberts belum bisa memastikan apakah mereka akan turut disertakan dalam Piala Menpora 2021.

Pelatih asal Belanda itu mengatakan, baru bisa memutuskan setelah ada regulasi resmi Piala Menpora 2021.

"Kami belum tahu, karena kami baru akan melakukan technical meeting Piala Menpora pada tanggal 8 Maret," kata Alberts, Kamis (4/3/2021).

"Apa yang kami lihat sekarang, proposal dan layout turnamen, bisa mendaftarkan 30 pemain di antaranya 4 pemain asing yang mana salah satunya adalah pemain Asia. Tidak ada batasan umur dari 30 pemain itu," sambung dia.

Meski begitu, Alberts tak menutup kemungkinan akan turut mengandalkan delapan pemain dari Bandung United di Piala Menpora.

Secara legalitas, delapan pemain tersebut tercatat sebagai pemain Persib yang dipinjamkan ke Bandung United.

Apalagi, Piala Menpora 2021 merupakan turnamen pramusim. Persib tentu akan memanfaatkan ajang tersebut untuk memberikan kesemparan unjuk gigi bagi para pemain muda.

Sebab, tidak ada target khusus yang dipatok Persib di Piala Menpora 2021. Maung Bandung hanya memanfaatkan turnamen tersebut sebagai ajang persiapan sebelum tpil di kompetisi resmi.

"Jika memang kami butuh pemain dari Bandung United dan jika kami memang ingin melihat mereka apakah bisa dipanggil untuk liga tentu kami akan memberikan kesempatan," ujar Alberts.

"Tapi yang pertama, kita lihat dulu hasil technical meeting tanggal 8, apa hasilnya dan bagaimana klub bereaksi. Kita lihat nanti karena memang tidak terburu-buru," tegas pelatih 66 tahun itu.

https://bola.kompas.com/read/2021/03/04/13400048/persib-buka-peluang-andalkan-pemain-dari-tim-satelit-di-piala-menpora

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke