Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagus Kahfi ke FC Utrecht U18 dan Bukan Jong Utrecht, Ini Perbedaannya

KOMPAS.com - FC Utrecht meresmikan kehadiran penyerang muda timnas Indonesia, Bagus Kahfi, pada Jumat (5/2/2021) malam WIB. Direktur klub memastikan ia akan bermain di tim U18 Utrecht dan bukan Jong Utrecht di kasta kedua Liga Belanda.

Penyerang timnas U19 Indonesia tersebut dikontrak hingga pertengahan 2022 dengan opsi perpanjangan dua tahun.

Direktur Teknik FC Utrecht, Jordy Zuidam, yakin Bagus Kahfi bisa memunculkan potensi terbaiknya di Belanda.

Namun, dia juga mengatakan lompatan seorang pemain dari Asia ke Eropa adalah langkah besar bagi pemain Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Jordy Zuidam, ia akan memberikan sang pemain kesempatan menyesuaikan diri dengan dikirim ke tim U18 klub.

 "Di sana dia dapat beradaptasi dan berintegrasi ke dalam program kami."

"Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mengembangkan Bagus bersama kami dan melihat peluang dalam hal ini," tandasnya.

Perkataan Zuidam sudah jelas bahwa Bagus akan dibina di tim U18 dan bukan Jong Utrecht seperti yang sempat dilaporkan.

Seperti dikutip dari situs resmi klub, tim U18 Utrecht adalah bagian dari akademi klub tersebut.

Tim U18 merupakan jenjang tertinggi dari 11 kategori umur kubu Liga Belanda tersebut yang dimulai dari kategori U8.

Zuidam juga bilang bahwa kehadiran Bagus di tim U18 adalah sebagai "pemain dispensasi" mengingat usianya yang memang sudah 19 tahun.

Sementara, Jong Utrecht berada satu level di atas tim U18.

Dikutip dari Voetbaluitslagen.com, Jong Utrecht merupakan tim U23 yang berpartisipasi di kasta kedua Liga Belanda, Eerste Divisie.

FC Utrecht adalah salah satu tim Eredivisie, kasta teratas Liga Belanda, yang mengirim tim muda mereka ke tingkat kedua bersama dengan Ajax, PSV, dan AZ Alkmaar.

Ajax, PSV, dan FC Twente adalah tiga tim kasta teratas yang menjadi pelopor mengirim tim cadangan ke kasta kedua setelah beberapa tim peserta bangkrut.

Jika ke depannya Bagus Kahfi bisa menapak ke tim Jong Utrecht, ia akan punya kesempatan tampil melawan pemain-pemain profesional Belanda dan bukan menghadapi sesama pemain muda.

Kans untuk tampil di kasta teratas Liga Belanda bersama tim utama Utrecht pun terbuka bagi anggota tim Jong Utrecht.

Regulasi di Liga Belanda menyebutkan ada maksimal jumlah dua pemain yang bisa merumput bagi tim utama setelah mereka bermain di Tim B pada pekan sama.

Namun, peraturan ini tak berlaku bagi pemain di bawah usia 23 tahun.

Regulasi ini diterapkan beberapa tahun silam setelah tim-tim raksasa Belanda, Ajax Amsterdam dan PSV Eindhoven memakai kasta kedua Belanda sebagai arena untuk meningkatkan kebugaran pemain, terutama pada awal musim.

Lima tahun silam, Helmond Sport menghadapi tim Jong Ajax yang memainkan pemain-pemain tim utama seperti Viktor Fischer, Yaya Sanogo, Ricardo van Rhijn, Mike van der Hoorn, dan Lucas Andersen.

Setelah pemain-pemain ini menemukan kebugaran, mereka tak lagi merumput di kasta kedua sehingga menyebabkan persaingan yang tidak konsisten.

Musim lalu, Jong Utrecht berada di peringkat ke-12 kasta kedua Liga Belanda sebelum musim dihentikan karena pandemi virus corona pada pekan ke-29.

Menariknya, musim-musim sebelum itu, Jong Utrecht secara beruntun finis di peringkat ke-19, ke-20, dan ke-18 dari 20 tim. 

Namun, kasta kedua Liga Belanda tak mengenal degradasi dan promosi otomatis dari dan ke kasta ketiga (Tweede Divisie).

Klub kasta ketiga harus terlebih dulu memastikan kesiapan mereka untuk menjadi klub profesional agar tak mengalami kesulitan finansial seperti beberapa klub sebelumnya.

KNVB (PSSI-nya Liga Belanda) bahkan membekukan degradasi dan promosi hingga musim 2022-2023 sebagai bagian dari restrukturisasi pengembangan pemain muda.

https://bola.kompas.com/read/2021/02/06/01485818/bagus-kahfi-ke-fc-utrecht-u18-dan-bukan-jong-utrecht-ini-perbedaannya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke