Salin Artikel

Solskjaer Balas Sindiran Klopp soal Penalti: Itu Cara Pengaruhi Wasit!

Juergen Klopp melempar sindiran tersebut setelah Liverpool takluk dari Southampton pada lanjutan pekan ke-17 Premier League, kasta tertinggi Liga Inggris, musim 2020-2021.

Adapun laga antara Southampton dan Liverpool yang berlangsung di Stadion St Mary's, Selasa (5/1/2021) dini hari WIB, itu berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan tim tuan rumah.

Gol semata wayang yang berbuah kemenangan bagi Southampton dicetak mantan pemain Liverpool, Danny Ings, kala laga baru berjalan dua menit.

Liverpool mendominasi laga dengan torehan 64 persen penguasaan bola setelah kebobolan.

Namun, mereka gagal menyamakan kedudukan hingga harus mengakui keunggulan tuan rumah Southampton.

Seusai laga, Juergen Klopp mengkritik kinerja wasit dan petugas video assistant referee (VAR).

Klopp menilai Liverpool seharusnya mendapat dua penalti karena handball Jack Stephens pada menit ke-50 dan pelanggaran Kyle Walker-Peters terhadap Sadio Mane, delapan menit berselang.

Saat mengungkapkan kekesalannya terhadap wasit dan petugas VAR, Klopp turut menyindir Man United yang ia nilai kerap mendapat hadiah penalti dalam dua tahun terakhir.

"Kami seharusnya mendapat penalti. Itu jelas. Saya sudah meminta wasit keempat untuk melihat VAR saat kejadian," kata Klopp, dikutip dari BBC.

"Wasit keempat itu kemudian berkata, 'Kami sudah mengecek. Tidak ada penalti'," tutur Klopp.

"Man United mendapat penalti lebih banyak dalam dua tahun terakhir daripada Liverpool sejak awal saya melatih di sini," ucap pelatih asal Jerman tersebut.

Faktanya, Man United memang memiliki jumlah penalti yang lebih banyak daripada Liverpool dalam dua tahun terakhir.

Terhitung sejak awal musim 2019-2020, Man United telah mendapat 20 penalti, sedangkan Liverpool hanya setengahnya, 10 kali.

Berdasarkan data ESPN FC, Man United bahkan menjadi tim terbanyak yang mendapat hadiah penalti di antara klub Big Six lainnya.

Ole Gunnar Solskjaer selaku pelatih Man United pun mengakui fakta tersebut.

Akan tetapi, dia punya cara sendiri saat menjawab sindiran Juergen Klopp.

Solskjaer mengatakan bahwa pernyataan yang dilayangkan Juergen Klopp soal jumlah penalti Man United adalah cara memengaruhi wasit.

Dia mengacu pada semifinal Piala FA musim 2019-2020 kontra Chelsea saat menjelaskan hal tersebut.

"Itu (jumlah penalti) fakta, mungkin," kata Solskjaer pada konferensi pers jelang semifinal Piala Liga Inggris melawan Man City.

"Saya tidak menghitung berapa banyak penalti yang mereka (Liverpool) miliki. Jika mereka ingin menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan berapa jumlah kami dilanggar di kotak penalti, saya tidak menghabiskan waktu untuk itu," ucapnya.

"Saya tidak dapat berbicara tentang mengapa mereka mengatakan hal-hal seperti itu," katanya.

"Tahun lalu di semifinal Piala FA, Frank Lampard berbicara tentang hal itu dan kami tidak mendapat penalti yang seharusnya didapatkan," tutur Solskjaer.

"Jadi, mungkin itu cara memengaruhi wasit. Pastinya, ketika mereka melakukan pelanggaran terhadap pemain kami di dalam kotak penalti, itu adalah penalti," kata juru taktik asal Norwegia tersebut.

https://bola.kompas.com/read/2021/01/06/10000098/solskjaer-balas-sindiran-klopp-soal-penalti--itu-cara-pengaruhi-wasit-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.