Salin Artikel

Bruno Fernandes, Kapten Sebenarnya Sekaligus Bumerang di Man United...

KOMPAS.com - Legenda Manchester United, Gary Neville, menilai Bruno Fernandes sebagai kapten sejati Setan Merah.

Hal tersebut Neville yakini seusai Fernandes memberikan dampak yang begitu luar biasa sejak kedatangannya ke Old Traffod pada Januari 2020.

Lantas, berkat performa apiknya itu, Man United sukses finis di peringkat ketiga Liga Inggris musim lalu setelah sempat terseok-esok.

Sepanjang musim 2020-2021 ini, mantan pemain Sporting Lisbon itu juga masih sangat fenomenal dengan berhasil membawa Setan Merah di peringkat ketiga klasemen Premier League hingga pekan ke-14.

Bahkan, dia dapat membuat timnya ke peringkat kedua dengan selisih dua poin dari Liverpool di puncak jika sukses membawa Man United menang di satu laga tunda kontra Burnley.

Tak hanya itu, gelandang 26 tahun tersebut juga memiliki torehan individu yang gemilang dengan telah membukukan 13 gol dan tujuh assist dari 20 laga yang dimainkannya sejauh ini.

Melihat betapa luar biasanya Fernandes mengubah Manchester United, seorang Gary Neville sampai dibuat "geleng-geleng" olehnya.

Bahkan, legenda Manchester United itu pun mengklaim Bruno Fernandes adalah seorang pemimpin teladan bagi Setan Merah dan layak diganjar sebagai kapten.

“Harry Maguire, Paul Pogba, dan David de Gea, mereka semua adalah kapten tim, Edinson Cavani pun demkian dengan pengalamannya," ujar Neville kepada Sky Sports Monday Night Football, Selasa (22/12/2020).

“Namun, dia (Fernandes) adalah pemimpin sebenarnya di tim itu. Pemimpin yang begitu teladan. Dia menjadi pemimpin dengan apa yang telah dilakukan saat melepaskan bola dan pergerakan yang luar biasa setelahnya," katanya.

"Setiap kali tim menguasai bola, dia menginginkan bola. Setiap kali dia mendapatkan bola, dia ingin memberikan umpan yang penting," katanya.

Kendati demikian, ia melihat suatu bumerang dengan fenomena Bruno Fernandes bagi Setan Merah.

Pasalnya, menurut pria yang kini menjadi pandit di Inggris itu, Man United sangat terlihat bergantung pada sang playmaker sehingga berpotensi menampilkan performa yang buruk jika tampil tanpa Fernandes.

“Dia mengubah Man United. Menurut saya, semua klub sampai akan memandang Man United akan dapat masalah besar jika tak memainkannya," ujarnya.

"Di satu sisi, itu menjadi masalah besar ketika Anda hampir bergantung padanya," kata  Neville.

“Dari semua pemain lini tengah yang mereka punya dari Donny van de Beek, Pogba, Fred, Nemanja Matic, hingga Scott McTominay, hanya dia seorang yang memiliki level yang berbeda," tuturnya.

"Fernandes telah menjadi sensasi mutlak di Man United. Dia adalah pemimpin dan jika bukan dia yang memakai ban kapten, dia tetap pemimpin di lapangan," ucapnya.

https://bola.kompas.com/read/2020/12/22/18200028/bruno-fernandes-kapten-sebenarnya-sekaligus-bumerang-di-man-united-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.