Salin Artikel

Bayern Vs RB Leipzig, Dua Gol Mueller Selamatkan FC Hollywood

KOMPAS.com - Bayern Muenchen harus puas berbagi angka dengan tamunya, RB Leipzig, dalam laga pekan ke-10 Bundesliga, Sabtu (5/12/2020) atau Minggu dini hari WIB.

Dalam pertandingan di Allianz Arena, Muenchen, juara bertahan Bundesliga tersebut hanya mampu bermain imbang 3-3. Thomas Mueller menjadi bintang Bayern karena dia mencetak dua gol.

Alhasil, posisi kedua tim di klasemen sementara, tak berubah.

Bayern tetap berada di puncak dengan koleksi 23 poin, hasil dari tujuh kali menang dan dua kali imbang serta sekali kalah. RB Leipzig berada di posisi kedua karena terpaut dua poin.

Dua tim teratas ini pun tak mendapat tekanan yang terlalu besar karena rival terdekat mereka, Borussia Dortmund, juga gagal meraih kemenangan. Dalam lawatan ke Eintracht Frankfurt, Dortmund hanya bermain imbang 1-1.

Jalannya pertandingan

RB Leipzig, yang terus membuntuti Bayern dalam persaingan memperebutkan gelar juara Bundesliga musim 2020-2021, memberikan kejutan kepada tuan rumah.

Lewat strategi serangan balik, mereka berhasil menjebol gawang Manuel Neuer pada menit ke-19 lewat aksi Christopher Nkunku. Menerima umpan terobosan Emil Forsberg, sang penyerang lebih dulu mengelabui Neuer sebelum menceploskan si kulit bulat.

Bayern, yang mendominasi laga dengan keunggulan 63 persen dalam penguasaan bola hingga menit ke-20, gawang mereka jebol, mampu mencetak gol penyama pada menit ke-30.

Jamal Musiala, yang masuk pada menit ke-25 menggantikan Javier Martinez yang harus ditarik keluar akibat cedera, membuat publik tuan rumah bersorak.

Usai menerima umpan Kingsley Coman, dia melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Kiper RB Leipzig, Peter Gulacsi, tak mampu membendung laju si kulit bulat sehingga skor menjadi imbang 1-1.

Tak perlu waktu yang terlalu lama bagi Bayern untuk membalikkan situasi. Hanya berselang lima menit, sang juara bertahan unggul 2-1 lewat gol Thomas Mueller.

Kingsley Coman kembali memberikan andil bagi FC Hollywood, julukan Bayer. Dia memberikan assist untuk Thomas Muller.

Namun keunggulan Bayern tak bertahan lama. Pada menit ke-36, RB Leipzig berhasil mencetak gol penyama melalui aksi Justin Kluivert, yang mengonversi umpan Amadou Haidara. Skor 2-2 bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, RB Leipzig kembali menghadirkan kejutan. Saat laga baru berlangsung tiga menit, mereka unggul 3-2 berkat gol Emil Forsberg, yang memaksimalkan umpan silang Angelino.

Bayern kian gencar melakukan serangan. Penguasaan bola alias ball possession yang mencapai 64 persen menjadi bukti.

Kerja keras anak-anak besutan Hans-Dieter Flick membuahkan hasil. Pada menit ke-75, Thomas Mueller kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak golnya yang kedua dalam laga tersebut.

Kingsley Coman menjadi raja assist karena membuat hat-trick. Dia yang memberikan umpan silang kepada Mueller untuk membuat Bayern menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Dengan demikian, Coman menjadi "pelayan" tunggal bagi para pencetak gol Bayern dalam laga ini.

Gol penyama itu membuat Bayern kian bergairah dalam melakukan serangan. Tetapi, usaha raksasa Bundesliga ini tak membuahkan hasil sehingga skor 3-3 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini memberikan peluang yang bagus bagi Bayer Leverkusen yang saat ini menempati peringkat keempat.

Jika menang dalam lawatan ke Schalke 04 pada 7 Desember, Leverkusen bisa menyalip RB Leipzig dan hanya tertinggal satu angka dari Bayern.

Bayern Muenchen 3-3 RB Leipzig: (Jamal Musiala 30', Thomas Mueller 34', 75'; Christopher Nkunku 19', Justin Kluivert 35', Emil Forsberg 48')

Susunan pemain

Bayern Muenchen (4-2-3-1): 1-Manuel Neuer; 5-Benjamin Pavard, 17-Jerome Boateng (Chris Richards 84'), 4-Niklas Suele, 27-David Alaba; 18-Leon Goretzka, 8-Javier Martinez (Jamal Musiala 25'); 10-Leroy Sane (Serge Gnabry 64'), 25-Thomas Mueller, 29-Kingsley Coman (Douglas Costa 84'); 9-Robert Lewandowski

Pelatih: Hans-Dieter Flick

RB Leipzig (4-3-3): 1-Peter Gulacsi; 3-Angelino, 5-Dayot Upamecano, 6-Ibrahima Konate, 22-Nordi Mukiele (Daniel Olmo 72'); 14-Tyler Adams, 7-Marcel Sabitzer (Kevin Kampl 72'), 8-Amadou Haidara (Alexander Soerloth 78'); 18-Christopher Nkunku, 10-Emil Forsberg (Yussuf Poulsen 62'), 21-Justin Kluivert (Willi Orban 78')

Pelatih: Julian Nagelsmann

Wasit: Daniel Siebert (Jerman)

https://bola.kompas.com/read/2020/12/06/02330818/bayern-vs-rb-leipzig-dua-gol-mueller-selamatkan-fc-hollywood

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.