Salin Artikel

Hasil Liga Europa - AS Roma Menang, Napoli Tertahan dan Belum Lolos

KOMPAS.com - Napoli dan AS Roma meraih hasil yang berbeda saat melakoni laga kelima fase Grup Liga Europa, Kamis (3/12/2020) atau Jumat dini hari WIB.

Napoli hanya bisa meraih satu poin setelah bermain imbang 1-1 ketika bertandang ke markas AZ Alkmaar Stadion AFAS Stadion.

Hasil imbang itu membuat Napoli harus berjuang hingga laga keenam atau terakhir Grup F untuk lolos ke fase gugur atau 32 besar Liga Europa.

Di sisi lain, AS Roma sukses mengalahkan Young Boys 3-1 di Stadion Olimpico.

Kemenangan atas Young Boys membuat AS Roma mempertahankan rekor tak terkalahan di Liga Europa musim ini.

Konsistensi itu juga mengantar AS Roma lolos ke fase gugur dengan status juara Grup A.

AZ ALKMAAR VS NAPOLI

Napoli selaku tim tamu mengejutkan AZ Alkmaar setelah berhasil mencetak gol terlebih dahulu pada menit keenam berkat aksi Dries Mertens.

Menerima umpan silang Giovanni Di Lorenzo dari sisi kiri pertahanan AZ Alkmaar, Dries Mertens yang lolos dari kawalan sukses mencetak gol dengan tembakan kaki kanannya.

Seusai gol Dries Mertens, pertandingan AZ Alkmaar vs Napoli berjalan cukup alot.

AZ Alkmaar yang sedikit unggul dalam segi penguasaan bola (51 persen) hanya bisa melepaskan dua tembakan tepat sasaran sepanjang babak pertama.

Di sisi lain, Napoli belum bisa mengancam gawang AZ Alkmaar lagi sampai akhir babak pertama.

Berlanjut ke babak kedua, giliran AZ Alkmaar yang mengejutkan Napoli dengan mencetak gol cepat.

AZ Alkmaar sukses membuat skor kembali menjadi imbang pada menit ke-54 berkat aksi Bruno Martins Indi yang memanfaatkan umpan Teun Koopmeiners.

Lima menit berselang, AZ Alkmaar mendapat kesempatan berbalik unggul saat wasit memberi hadiah penalti.

Penalti itu diberikan wasit setelah Zakaria Aboukhlal dijatuhkan oleh Tiemoue Bakayoko.

Namun, kesempatan itu disia-siakan oleh AZ Alkmaar. Dani de Wit yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya setelah tembakannya berhasil ditepis David Ospina.

Pelatih Napoli, Gennaro Gattuso, memutuskan menggunakan seluruh jatah pergantian pemain (5) tidak lama setelah skor menjadi 1-1 hingga menit ke-66.

Di sisi lain, AZ Alkmaar baru mengganti satu pemain hingga menit ke-70.

Hingga akhir pertandingan, usaha Napoli dan AZ Alkmaar untuk mencetak gol tambahan tidak membuahkan hasil.

Hasil imbang ini membuat persaingan di Grup F semakin ketat karena penentuan dua tim yang akan lolos ke fase gugur harus ditentukan pada laga terakhir atau keenam.

Napoli saat ini memimpin klasemen dengan koleksi 10 poin dari lima laga.

Napoli belum bisa lolos karena hanya unggul dua angka dari AZ Alkmaar dan Real Sociedad yang secara berurutan menguntit di bawahnya.

Pada laga lain, Real Sociedad juga bermain imbang 2-2 ketika menjamu Rijeka di Stadion Reale Seguros.

AS ROMA Vs YOUNG BOYS

AS Roma yang tampil mendominasi sejak awal laga dikejutkan oleh serangan balik Young Boys yang berbuah gol pada menit ke-34.

Jean Pierre Nsame lolos dari jebakan offide seusai menerima umpan lambung Jordan Lefort yang dilepaskan dari pertahanan sendiri.

Di dalam kotak penalti AS Roma, Jean Pierre Nsama berhasil menggocek Bryan Cristante dan langsung mencetak gol dengan sontekan kaki kirinya.

Gol Jean Pierre Nsama ini menjadi satu-satunya tembakan ke arah gawang yang dimiliki Young Boys sepanjang babak pertama.

Usaha AS Roma untuk mencetak gol pada akhirnya berbuah hasil pada menit ke-43.

Gol AS Roma kali ini berawal dari tembakan keras kaki kiri Pedro Rodriguez yang ditepis oleh kiper Young Boys, David von Ballmoos.

Bola muntah kemudian terbang ke arah depan kotak penalti Young Boys yang langsung disambar Borja Mayoral dengan sundulan.

David von Ballmoos yang terlambat berdiri pada akhirnya hanya bisa melihat bola sundulan Borja Mayoral masuk ke gawangnya.

Gol Borja Mayoral ini mencoreng penampilan David von Ballmoos yanh sebelumnya mampu menggagalkan enam tembakan ke arah gawang AS Roma.

Berlanjut ke babak kedua, pelatih AS Roma, Paulo Fonseca, langsung memasukkan Henrikh Mkhitaryan untuk menambah daya gedor tim.

Mantan pemain Arsenal dan Manchester United itu masuk untuk menggantikan Pedro Rodriguez.

AS Roma yang masih terus mendominasi berhasil berbalik unggul pada menit ke-59.

Gol kedua AS Roma ini berawal dari skema bola mati yang berhasil digagalkan barisan pertahanan Young Boys.

Namun, bola muntah justru membuat AS Roma mencetak gol.

Riccardo Calafiori mencetak gol indah lewat tendangan keras kaki kiri dari luar kotak pealti yang meluncur deras ke sudut kanan atas gawang Young Boys.

Meski sudah unggul 2-1, AS Roma tak mengendurkan serangannya. Fonseca justru melakukan penyegaran di lini depan dengan memasukkan Edin Dzeko pada menit ke-60.

Setelah menunggu selama 21 menit, Dzeko berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Dzeko mencetak gol dengan tendangan kaki kanan setengah voli memanfaatkan kesalahan lini belakang Young Boys yang gagal mengantisipasi umpan silang Bruno Perez.

Dua menit berselang, Young Boys harus bermain 10 orang setelah Mohamed Aly Camara mendapat kartu merah.

Aly Camara langsung diusir wasit karena terbukti memukul Henrikh Mkhitaryan saat berebut bola.

Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 3-1 untuk kemenangan AS Roma bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini membuat AS Roma memastikan diri lolos ke fase guguru atau 32 besar Liga Europa dengan status juara Grup A.

AS Roma saat ini memimpin klasemen Grup A dengan koleksi 13 poin dan sudah tidak mungkin terkejar lagi oleh tim lain dengan satu pertandingan tersisa.

Adapun Young Boys yang kini menempati peringkat dua dengan koleksi tujuh poin harus berjuang hingga laga keenam untuk lolos ke fase gugur.

Young Boys nantinya akan berebut satu tiket tersisa dari Grup A dengan CFR Fluj yang kini menempati peringkat tiga dengan koleksi lima poin.

AZ ALKMAAR 1-1 NAPOLI (Bruno Martins Indi 54'; Dries Mertens 6')

AZ ALKMAAR (4-3-3): 1-Marco Bizot; 26-Yukinari Sugawara, 3-Pantelis Hatzidiakos, 15-Bruno Martins Indi, 5-Owen Wijndal; 6-Fredrik Midtsjoe, 10-Dani de Wit, 8-Teun Koopmeiners; 7-Calvin Stengs, 28-Albert Gudmundsson (Myron Boadu 70'), 17-Zakaria Aboukhlal (Jesper Karlsson 82')

NAPOLI (4-3-3): 25-David Ospina; 31-Faouzi Ghoulam (Mario Rui 66'), 26-Kalidou Koulibaly, 19-Nikola Maksimovic, 22-Giovanni Di Lorenzo; 20-Piotr Zielinski (Andrea Petagna 61'), 5-Tiemoue Bakayoko, 8-Fabian (Eljif Elmas 57'); 24-Lorenzo Insigne, 14-Dries Mertens (Diego Demme 66'), 21-Matteo Politano (Hirving Lozano 61')

AS ROMA 3-1 YOUNG BOYS (Borja Mayoral 44', Riccardo Calafiori 59', Edin Dzeko 81'; Jean Pierre Nsame 34')

AS ROMA (3-4-2-1): 13-Pau Lopez; 3-Roger Ibanez (Leonardo Spinazzola 46'), 4-Bryan Cristante (Federico Fazio 65'), 5-Juan Jesus; 33-Bruno Peres, 14-Gonzalo Villar (Lorenzo Pellegrini 60'), 42-Amadou Diawara, 61-Riccardo Calafiori; 31-Carles Perez, 11-Pedro Rodriguez (Henrikh Mkhitaryan 46'); 21-Borja Mayoral (Edin Dzeko 60')

YOUNG BOYS (4-3-3): 26-David von Ballmoos; 25-Jordan Lefort, 5-Cedric Zesiger, 4-Mohamed Aly Camara, 36-Silvan Hefti; 21-Ulisses Garcia (Meschack Elia 67'), 20-Michel Aebischer (Gianluca Gaudino 67'), 60-Fabian Rieder (Vincent Sierro 58'); 13-Nicolas Ngamaleu (Felix Mambimbi 76'), 18-Jean Pierre Nsame (Theoson Jordan Siebatcheu 76'), 16-Christian Fassnacht

https://bola.kompas.com/read/2020/12/04/05214008/hasil-liga-europa-as-roma-menang-napoli-tertahan-dan-belum-lolos

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.