Salin Artikel

Terungkap, Alasan Liverpool Gagal Rekrut Cristiano Ronaldo pada 2003

KOMPAS.com - Mantan pelatih Liverpool, Gerard Houllier, mengatakan The Reds nyaris mendatangkan Cristiano Ronaldo pada 2003.

Soal Liverpool dan Cristiano Ronaldo yang nyaris merajut cerita memang bukan kabar baru.

Pada Oktober lalu, Phil Thompson yang merupakan asisten Gerard Houllier saat di Liverpool, menjelaskan bahwa klub hampir menyetujui persyaratan dengan Cristiano Ronaldo.

Namun, Phil Thompson tak menceritakan detail yang membuat Cristiano Ronaldo lebih memilih bergabung ke Manchester United.

Gerard Houllier lalu melengkapi cerita dengan menjelaskan faktor ekonomi menjadi hal utama yang membuat transfer itu gagal.

Houllier menyebut Liverpool tak bisa menyanggupi gaji besar yang diminta Ronaldo kala itu.

"Pada 2002, saat saya sakit, kami memutuskan untuk merekrut Ronaldo dan Ricardo Quaresma, dua pemain Sporting CP," kata Gerard Houiller yang dilansir dari Goal.

"Mereka sudah memenangi turnamen Toulon bersama Portugal dan sangat bagus di sayap. Kami telah mengikuti Cristiano selama setahun, tetapi tuntutan gajinya lebih tinggi dari yang bisa kami berikan."

"Ada kebijakan gaji di Liverpool dan Michael Owen baru saja memenangi Ballon d'Or. Anda tidak bisa memberi anak berusia 17 tahun gaji yang lebih tinggi dari Owen."

"Saya sering berkomunikasi dengan Cristiano, tetapi Manchester United memainkan laga persahabatan melawan Lisbon. Sporting menang 3-1 dan semua pemain Man United mengatakan dia harus dibeli."

"Harganya berubah dari 4 juta poundsterling menjadi 13 juta poundsterling dan kami tidak bisa menyanggupinya. Mungkin juga perekrut kami seharusnya langsung mengatakan ya, tetapi dia ingin memastikan tidak membuat kesalahan," ujar Gerard Houllier.

Pada akhirnya, Manchester United menjadi pelabuhan Cristiano Ronaldo.

Bersama Man United-lah, peraih lima penghargaan Ballon d'Or itu menjelma menjadi salah satu pesepak bola terbaik generasi ini.

Hal tersebut pun diakui oleh Gerard Houllier. Menurutnya, sepak bola Inggris sangat membantu perkembangan Cristiano Ronaldo.

"Sepak bola Inggris membuatnya bagus, ditambah lagi dia memiliki David Beckham sebagai tutornya," kata pria yang kini telah berusia 73 tahun tersebut.

Setelah menghabiskan enam tahun di Man United, Ronaldo melanjutkan kariernya bersama Real Madrid (2009-2018) sebelum kemudian ke Juventus.

https://bola.kompas.com/read/2020/10/31/07200018/terungkap-alasan-liverpool-gagal-rekrut-cristiano-ronaldo-pada-2003

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.