Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Direktur Timnas Argentina Ulurkan Tangan, Siap Tampung Lionel Messi

Messi bersikeras pergi dengan mengaktifkan klausul khusus dalam kontraknya.

Klausul tersebut memutus kontraknya secara unilateral sehingga bisa membuat Messi berpaling ke klub lain tanpa harus membayar mahar 700 juta euro yang tertera di klausul pelepasan minimum sang pemain.

Namun, pada saat yang bersamaan, kubu Barcelona tampak tidak sepakat dengan permohonan yang diajukan Messi.

Pihak Barcelona menilai bahwa Messi sudah tak bisa mengaktifkan klausul tersebut karena batas pengaktifan sudah jatuh tempo pada Juni.

Sedangkan, sang kapten baru memberi tahu ingin hengkang pada Agustus 2020.

Akan tetapi, kubu Messi bersikeras bahwa klausul itu mengacu ke akhir kompetisi 2019-2020 yang diperpanjang dari Juni menjadi akhir Agustus karena pandemi virus corona.

Dengan demikian, Barcelona ingin menegaskan bahwa klausul pelepasan Messi senilai 700 juta euro (Rp 12,2 triliun) masih berlaku.

Setiap tim yang ingin meminang La Pulga harus menyiapkan mahar tersebut.

LaLiga selaku operator kompetisi tertinggi Liga Spanyol juga memiliki pandangan serupa dengan Barcelona.

Perdebatan soal klausul khusus itu terus berlanjut hingga Messi melakukan beberapa tindakan yang dinilai menjadi bentuk keseriusannya meninggalkan Barcelona.

Messi tak hadir dalam tes Covid-19 yang diadakan pihak klub pada Minggu (30/8/2020) waktu setempat dan sesi latihan satu hari setelahnya.

Kondisi ini kemudian dipanaskan dengan isu transfer Messi ke sejumlah klub elite Eropa, dari Manchester City, Inter Milan, hingga Paris Saing-Germain (PSG).

Sejauh ini, belum ada kepastian soal klub mana yang akan dipilih Messi jika rencana hengkang dari Barcelona benar-benar terwujud.

Di tengah ketidakpastian tersebut, pernyataan menarik datang dari Direktur tim nasional Argentina, Cesar Luis Menotti.

Dia mengatakan bahwa pihaknya siap menampung Messi apabila sang pemain tak kunjung mendapatkan klub baru setelah pergi meninggalkan Barcelona.

Hal tersebut dia lakukan semata-mata ingin melihat Messi tetap bermain.

"Sangat penting bagi kami untuk melihat dia (Messi) bermain, di mana saja yang terpenting dia tetap bermain," kata Menotti, dikutip dari Tyc Sports.

"Apabila dia tidak bisa bersaing, biarkan dia datang ke sini. Jika dia tidak dapat menemukan klub, biarkan dia datang ke sini, ke lapangan AFA (timnas Argentina) dan kami akan melatihnya setiap hari," tutur Menotti.

Selain itu, dia juga membahas soal kemungkinan Lionel Messi kembali ke klub masa kecilnya, Newell's Old Boys.

Menotti tampak tak setuju dengan kemungkinan tersebut. Apabila ada kesempatan, dia lebih memilih membawa Messi ke klub Argentina yang lain, Rosario Central.

Adapun Rosario Central adalah klub yang bermarkas di kampung halaman Menotti.

"Saya akan membawanya ke Central. Saya akan pergi ke semua pertandingan yang kami mainkan (jika Messi bergabung)," ujar mantan pemain dan pelatih timnas Argentina tersebut.

https://bola.kompas.com/read/2020/09/02/14200038/direktur-timnas-argentina-ulurkan-tangan-siap-tampung-lionel-messi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke