Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lewandowski: Saya Berhak Dapat Gelar Ballon d'Or 2020

KOMPAS.com - Striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, menilai dirinya paling berhak mendapatkan gelar pemain terbaik dunia alias Ballon d'Or 2020.

Keyakinan Lewandowski kali ini didasari oleh pencapaiannya bersama Bayern Muenchen pada musim 2019-2020.

Bayern Muenchen sukses meraih treble winners atau juara Bundesliga, Piala Jerman, dan Liga Champions musim 2019-2020.

Lewandowski menjadi kunci keberhasilan Bayern Muenchen dengan catatan 55 gol dan 10 assist dari 46 penampilan.

Musim Lewandowski semakin sempurna karena juga menyabet gelar top skor pada tiga kompetisi itu dengan rincian Liga Champions (15 gol), Piala Jerman (6) dan Bundesliga (34).

Tidak hanya itu, Lewandowski kini berstatus pemain pertama dalam sejarah yang berhasil meraih treble winners sekaligus top skor tiga kompetisi.

Pencapaian itu tentu membuat Lewandowski sangat difavoritkan meraih gelar pemain terbaik dunia atau Ballon d'Or 2020.

Namun, harapan Lewandwoski harus pupus karena ajang Ballon d'Or tahun ini terpaksa dibatalkan akibat pandem virus corona.

Menanggapi hal itu, Lewandowski sangat kecewa karena tahun ini adalah kesempatan terbaiknya meraih gelar Ballon d'Or.

"Saya," jawab Lewandwoski ketika ditanya siapa yang berhak menjadi pemain terbaik dunia 2020 oleh media Polandia, Sportowe Fakty.

"Saya berhasil memenangi seluruh gelar yang bisa didapat Bayern Muenchen. Saya juga menjadi top skor di tiga kommpetisi yang berbeda," ujar Lewandowski menambahkan.

"Saya pikir pemain dengan pencapaian seperti itu sangat berhak dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia," tutur Lewandowski.

Meski demikian, Lewandowski tidak mau terus berkecil hati karena mimpinya meraih trofi juara Liga Champions sudah terwujud.

Sebelumnya, pretasi terbaik Lewandowski di Liga Champions adalah menjadi runner-up bersama Borussia Dortmund pada musim 2012-2013.

Lewandowski saat itu gagal juara setelah Dortmund kalah 1-2 pada final bertajuk Der Klassiker melawan Bayern Muenchen.

Pemain asal Polandia itu kemudian membuat keputusan mengejutkan dengan membelot ke Bayern Muenchen pada 2014.

Bersama Bayern Muenchen, Lewandowski sempat merasakan tampil tiga kali pada semifinal Liga Champions sebelum menjadi juara.

Bayern Muenchen meraih trofi Liga Champions sesuai mengalahkan Paris Saint-Germain 1-0 pada laga final di Lisbon, Portugal.

Mengenang jatuh bangunnya meraih trofi Liga Champions, Lewandowski mengaku kesulitan mengendalikan emosi hingga saat ini.

"Liga Champions adalah impian setiap pesepak bola. Saya percaya bahwa kesempatan meraih trofi Liga Champions akan terjadi dalam hidup saya," kata Lewandowski.

"Saya beberapa kali sudah sangat dekat dengan trofi itu. Sekarang, kami telah memenanginya. Ada kegembiraan seperti anak kecil, sesuatu yang alami dan sangat spontan," tutur Lewandowski.

"Momen terindah setelah laga final adalah ketika saya menelepon istri. Dia mengirim video anak saya yang sedang menangis bahagia. Momen itu sangat menakjubkan," ucap Lewandowski.

Meski tidak bisa meraih Ballon d'Or, Lewandowski masih berpeluang menjadi pemain terbaik versi FIFA dan UEFA tahun ini.

https://bola.kompas.com/read/2020/08/30/05000008/lewandowski-saya-berhak-dapat-gelar-ballon-dor-2020

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke