Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ronald Koeman dan Isu 3 Pemain Timnas Belanda ke Barcelona

Ronald Koeman telah dilantik sebagai pelatih Barcelona menggantikan Quique Setien pada Rabu (19/8/2020).

Ia jadi pelatih Belanda kelima di Barcelona setelah Rinus Michels, Johan Cruyff, Louis van Gaal dan Frank Rijkaard.

Koeman bakal mengemban tugas berat mengingat Barcelona diguncang gejolak di dalam tubuh manajemen dan isu kepergian beberapa pemain.

Dalam konferensi pers dengan awak media, Koeman langsung menyinggung hubungan kuat antara Barcelona dan Belanda soal kultur sepak bola.

Untuk itu, Koeman pun berencana menerapkan gaya permainan total football seperti yang dilakukan para pelatih Belanda pendahulunya di Camp Nou.

"Ada koneksi yang sangat kuat antara Barcelona dan Belanda. Sejumlah kesuksesan terbaik klub didapatkan saat dilatih orang Belanda," ujar Koeman seperti dikutip BolaSport.com dari Barca TV.

"Saya juga orang Belanda dan orang Belanda suka memegang bola. Saya ingin tim ini memegang bola, mendominasi dan memenangi pertandingan," tambahnya.

Pernyataan Koeman ini pun dikaitkan dengan rumor bahwa mantan pelatih Everton tersebut akan membawa beberapa pemain timnas Belanda ke Barcelona.

Ada 3 pemain timnas Belanda yang sering dikaitkan akan ikut Koeman ke Barcelona yakni Georginio Wijnaldum, Donny van de Beek dan Memphis Depay.

Georginio Wijnaldum yang kontraknya tersisa setahun di Liverpool dilaporkan bakal termasuk rekrutan pertama Koeman di Barca.

Hal ini seperti diungkapkan jurnalis The Times, Paul Joyce pada Senin (17/8/2020).

"Prospek Ronald Koeman yang akan menjadi pelatih Barcelona akan menawarkan masa depan lain untuk Georgino Wijnaldum yang kontraknya tersisa satu tahun di Liverpool," tulisnya.

Media Belanda, AD.nl, bahkan melaporkan bahwa Koeman telah mempengaruhi Wijnaldum untuk tidak menandatangani kontrak baru yang ditawarkan Liverpool.

Sementara itu, dua nama lain yakni Donny van de Beek dan Memphis, diinginkan Koeman bersama bek Everton, Michael Keane, seperti dilansir dari OK Diario.

Sedangkan laporan dari Le10Sport menyebutkan bahwa Koeman sangat tertarik kepada Donny van de Beek.

Ketiga pemain Belanda tersebut memang menjadi anak asuh Ronald Koeman di timnas Belanda sebelum dirinya menukangi Barcelona.

Mereka ada di skuad Der Oranje yang berhasil dibawa Koeman melaju ke final UEFA Nations League 2019. (Bagas Reza Murti)

https://bola.kompas.com/read/2020/08/21/08210028/ronald-koeman-dan-isu-3-pemain-timnas-belanda-ke-barcelona

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke