Salin Artikel

Aji Santoso Sorot Isu Naturalisasi Pemain Brasil untuk Piala Dunia U20

MALANG, KOMPAS.com - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso kurang sepakat apabila ada wacana naturalisasi pemain muda asal Brasil demi ambisi bersaing di Piala Dunia U20 2021.

Menurut pelatih spesialis pengorbit pemain muda tersebut, langkah untuk mengambil jalan pintas ini tidak tepat karena akan menutup mimpi bagi para pemain muda lokal.

Liga Indonesia dihebohkan kedatangan lima pemain muda asal Brasil.

Kelimanya masing-masing dititipkan di tiga tim Liga 1: Dua orang di Arema FC, dua orang di Persija Jakarta, dan satu sisanya di Madura United.

Aji Santoso sendiri mempertanyakan dasar dari keputusan tersebut, apabila isu yang menyebut para pemain ini akan dinaturalisasi untuk Piala Dunia U20 benar adanya.

Selain itu, dia juga ingin tahu standar kriteria yang digunakan untuk menyeleksi calon-calon pemain tersebut.

“Kemudian, walau terpaksa menggunakan pemain naturalisasi, kualitasnya harus benar-benar di atas rata-rata pemain kita,” kata mantan pemain dan pelatih Timnas Indonesia kepada KOMPAS.com.

Pelatih asal Malang tersebut menilai program naturalisasi besar-besaran ini kurang tepat.

Dia mengatakan bahwa Indonesia bisa berpartisipasi di Piala Dunia U20 karena hak istimewa sebagai tuan rumah dan fakta tersebut tidak bisa dilupakan.

“Jujur saja, kita mendapatkan tiket di Piala Dunia bukan lewat penyisihan. Kita mendapatkan kesempatan ini sebagai tuan rumah atau tiket kehormatan. Ya, kita harus tahu posisi sepak bola kita di mana,“ ucap pelatih berusia 50 tahun.

Aji Santoso juga menegaskan, hal ini menjadi kesempatan sangat langka bagi sepak bola Indonesia untuk bisa tampil di level dunia.

Sehingga, dia berharap kesempatan ini bisa dirasakan oleh pemain-pemain terbaik Indonesia pula.

Hal ini untuk menunjukan bahwa Indonesia juga punya kultur sepak bola yang bisa dibanggakan oleh masyarakat.

“Akan lebih baik pemain-pemain kita sendiri yang banyak diberikan kesempatan tampil di Piala Dunia. Belum tentu 20 atau 30 tahun lagi Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia. Ini kesempatan langka.”

“Karena itu saya rasa akan lebih bijaksana jika pemain-pemain kita yang berkualitas dan punya kelayakan yang diberikan kesempatan,” pungkasnya.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengatakan bahwa kedatangan sejumlah pemain asing tersebut murni kebutuhan klub Liga 1 dan tak berhubungan dengan federasi.

"Kedatangan para pemain asing muda dari Brasil ini tidak ada kaitannya dengan PSSI. Itu urusan klub klub Liga 1. Pemain yang dipanggil timnas Indonesia tentu harus berpaspor Indonesia,” kata Indra Sjafri di situs resmi PSSI.

https://bola.kompas.com/read/2020/08/20/18351448/aji-santoso-sorot-isu-naturalisasi-pemain-brasil-untuk-piala-dunia-u20

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.