Salin Artikel

PSSI Lobi Tiga Klub yang Tolak Liga 1 2020 Dilanjutkan

PSSI sebelumnya telah memberikan izin kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggelar kembali Liga1 antara bulan September atau Oktober.

Dalam prakteknya, PSSI bakal menyiapkan prosedur kesehatan agar pertandingan Liga 1 tetap berjalan serta pemain bisa terhindari dari wabah virus corona.

Meski demikian tiga klub di antaranya Persebaya Surabaya, Barito Putera, dan Persik Kediri tak setuju bila kompetisi dilanjutkan.

Penolakan tiga klub itu didasari dengan masalah yang sama, yakni soal jumlah korban virus corona masih tinggi di Indonesia sehingga dinilai beresiko untuk melanjutkan Liga 1 2020.

Oleh sebabb itu, PSSI bersama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), sebagai operator akan segera berdiskusi bersama untuk membahas itu.

"Ya namanya ada saja kan situasi. Pelan-pelan ini kan masih ada tiga bulan lagi kami akan berkomunikasi agar nanti bisa satu persepsi," kata Mochamad Iriawan setelah konferensi pers di Kantor Kemenpora.

"Diantara 18 kan ada tiga, lebih banyak dari yang mau. Yang jelas tidak masalah namanya pendapat wajar saja," ucapnya.

Terkait dengan potensi hukuman yang didapat bagi peserta yang tidak berpartisipasi, Iwan Bule mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada pembicaraan serius.

Tapi ia menegaskan bahwa untuk saat ini PSSI akan lebih pada diskusi bersama, serta masih menunggu perkembangan virus corona kedepannya.

"Belum sampai sana (sanksi). Kami akan mendiskusikan nanti ya. Kompetisi juga tidak ada degradasi, apalagi sanksi," ujar Iwan Bule.

"Jadi klub itu bukan dipanggil, tapi diskusi saja. Kan juga teman-teman," tuturnya.

Seperti diketahui sebelumnya PSSI, mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bernomor SEKP/53/VI/2020 tentang kelanjutan kompetisi dalam keadaan luara biasa tahun 2020, salah satu tujuannya untuk membantu perekonomian pelatih dan pemain.

Selain itu, Iwan Bule juga memberikan alasan bergulirnya Liga 1 2020 kembali pada Oktober mendatang juga untuk menunjang kualitas para pemain muda Indonesia.

Khususnya untuk pemain di bawah 19 tahun yang dipersiapkan menghadapi Piala Dunia U-20 2021, yang mana Indonesia bakal menjadi tuan rumah.

Dalam lanjutan Liga 1 itu nantinya akan ada regulasi yang mewajibkan klub memainkan pemain di bawah 19 tahun di setiap pertandingan. (Wila Wildayatni)

https://bola.kompas.com/read/2020/07/04/07400088/pssi-lobi-tiga-klub-yang-tolak-liga-1-2020-dilanjutkan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.