Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Profil Miralem Pjanic, Pemain Baru Barcelona yang Memulai Karier dari Liga Perancis

KOMPAS.com - Drama transfer Miralem Pjanic akhirnya telah berakhir. Pemain asal Bosnia-Herzegovina itu telah resmi bergabung dengan Barcelona musim depan.

Kepastian transfer Miralem Pjanic ke Barcelona diumumkan melalui laman resmi Blaugrana - julukan Barcelona - pada Senin (29/6/2020), waktu setempat.

Kabar ini tidak berselang lama setelah pengumuman Barcelona melepas gelandang asal Brasil, Arthur Melo ke Juventus.

Miralem Pjanic yang saat ini sudah berusia 30 tahun melakukan lompatan besar dalam karier sepak bolanya dengan bergabung ke Barcelona.

Namun, sebelum bergabung dengan Barcelona saat ini, Pjanic memulai karier sepak bola profesionalnya di Liga Perancis, dengan klub FC Metz.

Pjanic muda memulai kariernya di FC Metz pada 2007, setelah ia dipromosikan dari FC Metz U-19.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu mencatatkan 32 penampilan dengan menorehkan empat gol dan dua assist di Ligue 1 atau kompetisi tertinggi Liga Perancis, bersama tim utama FC Metz.

Namun, Pjanic tidak berhasil menyelamatkan timnya dari degradasi pada musim 2007-2008.

Olympique Lyon yang tidak ingin melihat bakat Pjanic terhambat di kasta kedua Liga Perancis, akhirnya memutuskan untuk merekrut gelandang asal Bosnia itu pada 2008.

Bersama Olympique Lyon selama tiga musim, Pjanic menunjukkan kemampuan terbaiknya di lini tengah klub berjuluk Les Gones.

Tercatat selama tiga musim, Pjanic tampil sebanyak 121 penampilan dengan membukukan 16 gol dan 21 assist.

Setelah cukup mendapat pengalaman di Liga Perancis, Pjanic akhirnya memutuskan menerima tawaran dari AS Roma pada 2011.

Bersama AS Roma, Miralem Pjanic menjadi sosok penting di lini tengah klub berjuluk I Giallorossi bersama Radja Nainggolan dan Kevin Strootman.

Tercatat Pjanic telah membukukan 30 gol dan 44 assist dalam 185 penampilan bersama tim Serigala Ibu Kota Roma.

Selama lima musim menampilkan permainan terbaiknya di AS Roma, Pjanic memutuskan berlabuh ke raksasa Serie A lainnya, Juventus pada Juli 2016.

Juventus mendatangkan Pjanic dengan mahar transfer senilai 32 juta euro. Pjanic pindah ke tim asal kota Turin itu karena ingin mendapat sebuah tantangan baru.

Keputusan Pjanic ke Juventus tidak sia-sia. Sebab, ia berhasil meraih membawa klub berjuluk Bianconeri itu meraih berbagai gelar bergengsi, yakni Liga Italia (3 kali), Coppa Italia (2) dan Piala Super Italia (1).

Bahkan, Pjanic masih berpeluang menambah koleksi gelarnya andai Juventus menjuarai Serie A musim ini.

Di usianya yang saat ini sudah 30 tahun, kariernya sebagai pesepak bola profesional belum usai. Pjanic melakukan langkah besar lagi dengan bergabung ke rakasasa La Liga, Barcelona.

Klub yang bermarkas di Camp Nou itu mendatangkan Pjanic untuk menambah kreativitas di lini tengah Barcelona musim depan.

Barcelona mendatangkan pemain berusia 30 tahun itu dengan nilai transfer sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp 966 miliar plus bonus 5 juta euro.

Pjanic nantinya akan bersama Barcelona hingga empat tahun, atau hingga berakhirnya musim 2023-2024.

Miralem Pjanic baru akan bergabung dengan para penggawa Barcelona lainnya setelah kompetisi musim 2019-2020 berakhir.

https://bola.kompas.com/read/2020/06/30/13000068/profil-miralem-pjanic-pemain-baru-barcelona-yang-memulai-karier-dari-liga

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke