Salin Artikel

Menpora Ogah Ikut Campur soal Kisruh PSSI dengan Shin Tae-yong

Dikutip dari Antara dalam sebuah webinar di Jakarta, Senin (22/6/2020), Kemenpora hanya sebatas mengawasi dengan melimpahkan segala keputusan kepada PSSI.

"Pemerintah sifatnya hanya mendukung," ujar Zainudin Amali dikutip dari Antara News.

"Komentar saya, kami memantau perkembangannya dan yang berkontrak bukan pemerintah dan pelatih, melainkan federasi dan pelatih," tuturnya.

Meski demikian, Menpora tetap mengingatkan PSSI untuk segera menyiapkan timnas U-19 Indonesia menuju Piala Dunia U-20.

Bagi Menpora, segala hal harus dipersiapkan dengan baik, termasuk timnas Indonesia menuju ajang Piala Dunia U-20.

Terlebih lagi, Indonesia dipercaya FIFA sebagai tuan rumah penyelenggaraan sehingga punya tanggung jawab untuk memeriahkan acara.

Di sisi lain, pemerintah hanya membantu dalam mempersiapkan berbagai infrastruktur pendukung.

Kondisi itu sesuai arahan Presiden Indonesia Joko Widodo yang tak hanya ingin timnas sukses semata, tetapi sukses juga dalam penyelenggaraan.

"Pemerintah mendukung penuh terhadap persiapan timnas. Proposal (pendanaan) yang diajukan PSSI sedang di-review oleh pemerintah," kata Zainudin Amali.

"Sejak saya jadi Menpora, semua saya bikin transparan dan akuntabel, bukan hanya sepak bola, melainkan seluruh cabor," katanya.

"Kami support, tetapi kami tidak mau masuk terlalu dalam karena ada statuta. Kalau pemerintah masuk terlalu dalam, nanti ada intervensi," kata dia.

PSSI sudah membuat panggilan kepada Shin Tae-yong agar segera kembali ke Indonesia sekaligus meluruskan masalah di kedua belah pihak.

Hanya, opsi pemecatan bakal dilakukan PSSI jika Shin Tae-yong tak kunjung kembali ke Indonesia.

Beberapa nama seperti Indra Sjafri dan Fakhri Husaini lalu diisukan bakal mengisi kursi kepelatihan timnas Indonesia bila Shin Tae-yong jadi dipecat. 

https://bola.kompas.com/read/2020/06/23/08300018/menpora-ogah-ikut-campur-soal-kisruh-pssi-dengan-shin-tae-yong

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.