Salin Artikel

Wander Luiz Optimistis Sepak Bola Indonesia Akan Kembali Bergeliat

BANDUNG, KOMPAS.com - Penyerang Persib Bandung, Wander Luiz, optimistis kompetisi sepak bola Indonesia akan kembali bergulir.

Sejauh ini, seluruh penyelenggaraan kompetisi di Indonesia masih dalam status ditangguhkan karena wabah virus corona.

Kelanjutan kompetisi musim ini memang belum menemui titik terang. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), masih berkoordinasi dengan berbagai pihak

Dikatakan Luiz, bukan hal mustahil sepak bola Indonesia kembali bergeliat di tengah pandemi virus corona seperti saat ini.

Menurutnya, di mana ada kemauan dan komitmen dari semua pihak yang terlibat, kompetisi bisa kembali digulirkan dengan lancar dan aman.

"Jika kami semua bisa berkomitmen untuk kompetisi yang lebih baik, saya yakin sepak bola akan kembali bergeliat di Indonesia," ungkap pemain asal Brasil itu.

Walaupun kepastian soal kelanjutan kompetisi musim ini belum menemui titik terang, berbagai opsi tengah dipikirkan oleh PSSI dan PT LIB.

Beberapa waktu terakhir, muncul opsi untuk kembali menggulirkan kompetisi Liga 1 2020 pada September 2020.

Opsi tersebut muncul saat PSSI dan PT LIB menggelar pertemuan bersama perwakilan 18 klub peserta Liga 1 2020, Selasa (2/6/2020).

Opsi untuk melanjutkan kompetisi pada September mendatang akan masuk agenda pembahasan dalam rapat Exco PSSI pada 13 Juni mendatang.

Luiz sangat berharap, opsi tersebut disetujui. Pasalnya, dia sudah sangat rindu untuk kembali menjalani aktivitas sepak bola bersama Supardi Nasir dkk.

Menurut Luiz, bukan hanya pemain yang rindu kembali ke lapangan hijau tetapijuga para suporter sepak bola yang dalam hampir tiga bulan terakhir ini kehilangan hiburannya.

"Tentu saya berharap kompetisi bisa kembali bergulir. Saya sudah sangat rindu untuk kembali ke lapangan," kata Luiz, mengungkapkan.

"Bukan hanya saya atau pemain lain, tapi semua orang yang mencintai sepak bola tentunya sangat merindukan sepak bola," imbuh dia.

Andai kompetisi kembali dilanjutkan, tentu akan ada beberapa aturan baru yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

Para pemain pun harus terbiasa dengan berbagai situasi, seperti bertanding dengan tanpa dukungan penonton.

Atau membatasi kontak fisik bersama pemain lainnya di lapangan. Hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir penularan wabah virus corona dalam pertandingan sepak bola.

Protokol kesehatan tersebut pun diterapkan dalam kompetisi yang sudah kembali bergulir seperti Bundesliga Jerman dan Korea League.

Luiz menuturkan, memang akan ada kesan berbeda yang dirasakan ketika nanti kompetisi kembali bergulir.

Hanya saja, dalam keadaan seperti saat ini, semua pihak harus bisa berkompromi dengan situasi baru yang akan mereka hadapi.

"Tentu, kita ingin semua kembali seperti semula. Namun, saat ini kita harus berusaha lebih untuk kesehatan bersama," ucap Luiz, menegaskan.

https://bola.kompas.com/read/2020/06/07/05100098/wander-luiz-optimistis-sepak-bola-indonesia-akan-kembali-bergeliat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.