Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wonderkid Persib Jaga Tradisi Lebaran dengan Silaturahim Virtual

BANDUNG, KOMPAS.com - Wonderkid Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, merasakan nuansa berbeda dalam perayaan Idul Fitri 1441 Hijriah.

Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kali ini Beckham dan keluarga hanya bisa merayakan Lebaran di rumah.

Diakui Beckham, biasanya dia dan keluarga merayakan Lebaran bersama keluarga besarnya dengan berkumpul untuk bersilaturahim.

Selain itu, dia juga selalu menjalani tradisi mudik ke kampung halamannya di Garut, Jawa Barat.

Akan tetapi, pada tahun ini Beckham dan keluarga tidak bisa menjalani tradisi tersebut lantaran pandemi virus corona yang tengah mewabah di Indonesia.

Guna menghindari risiko penularan, pemerintah pun mengimbau masyarakat agar tidak mudik, tidak bepergian ke luar rumah, dan tidak menerima tamu.

"Kalau pulang kampung kan sama pemerintah dilarang, jadi paling Lebaran ini kami semua di rumah saja. Jadi, jangan dulu mudik karena bisa bahaya juga buat keluarga di kampung," kata Beckham.

Adik kandung Gian Zola itu mengatakan, momen Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini memang terasa berbeda dari sebelumnya.

Selama Ramadhan pun kegiatannya lebih banyak dihabiskan di rumah.

Beckham tak menampik dirinya rindu untuk bisa kembali bersilaturahim dengan keluarga besar dan kerabat dekatnya.

Pemain berusia 17 tahun itu berharap, wabah virus corona bisa segera berakhir agar kehidupan masyarakat bisa kembali normal.

"Pasti berbeda dan ada banyak hal yang dirindukan, seperti tarawih terus kumpul keluarga besar dan teman-teman," kata Beckham.

"Namun, mau bagaimana lagi, kan kondisinya juga sedang seperti ini. Yang penting kita bisa jaga kesehatan, yang utama kita semua berharap agar wabah ini bisa segera berakhir," kata dia.

Kendati demikian, Beckham berupaya untuk tetap menjalin silaturahim dan komunikasi dengan keluarga dan kerabat dekatnya, yakni dengan menggelar silaturahim secara virtual melalui berbagai platform seperti video call.

Cara tersebut pun dilakukan oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk bisa tetap bersilaturahim bersama keluarga pada momen Lebaran tahun ini.

"Tetap silaturahim tetapi dengan video call atau pakai zoom. Yang penting nilai silaturahimnya tetap kita jaga, jangan sampai hilang komunikasi intinya," tutur Beckham.

https://bola.kompas.com/read/2020/05/26/19000048/wonderkid-persib-jaga-tradisi-lebaran-dengan-silaturahim-virtual

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke