Salin Artikel

Sejarah Hari Ini: Gol Telat Eto'o dan Belletti Bawa Barcelona Raih Trofi Kedua di Liga Champions

Samuel Eto'o dan Juliano Belletti menjadi pemain penting di final Liga Champions yang diselenggarakan di Kota Paris, Perancis, 17 Mei 2006.

Gol telat dari Eto'o pada menit ke-76 dan Belletti pada menit ke-81, berhasil membawa Barcelona meraih gelar juara Liga Champions kedua mereka. Barcelona menang tipis dengan skor 2-1 atas Arsenal.

Barcelona yang kala itu dilatih Frank Rijkaard menurunkan skuad terbaiknya di starting line-up.

Sementara itu, The Gunners, julukan Arsenal, yang kala itu dilatih Arsene Wenger juga menurunkan skuad terbaiknya.

Pada laga final Liga Champions musim 2005/2006 itu, Arsenal terlebih dahulu kehilangan satu pemain pada menit ke-18 karena mendapat kartu merah.

Pemain Arsenal yang diusir keluar lapangan adalah Jens Lehmann. Dia diganjar kartu merah karena melanggar Eto'o.

Meski kekurangan satu pemain, tim arahan Arsene Wenger itu berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-37.

Sol Campbell tampil sebagai pembuka keunggulan Arsenal setelah menjebol gawang Barcelona yang dijaga Victor Valdes dengan memanfaatkan umpan Thierry Henry.

Memasuki babak kedua, Barcelona langsung mengubah komposisi pemain.

Andres Iniesta, Henrik Larsson, dan Juliano Belletti masuk di babak kedua menggantikan Edmilson, Van Bommel, dan Oleguer.

Pergantian pemain tersebut membuahkan hasil. Pada menit ke-76, Samuel Eto'o berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Gol Eto'o tercipta berkat kerja sama Andres Iniesta dan Henrik Larsson.

Tim arahan Frank Rijkaard itu tidak butuh waktu lama untuk menambah golnya.

Pada menit ke-81, Juliano Belletti sukses mencetak gol yang menggantarkan Barcelona menjadi juara Liga Champions untuk kedua kalinya.

Hingga peluit ditiupkan oleh wasit, Arsenal tidak mampu menyamakan kedudukan dan Barcelona keluar sebagai juara Liga Champions musim 2005/2006.

Barcelona (4-3-3): 1-Victor Valdes (PG); 23-Oleguer (2-Juliano Belletti, 71'), 5-Carles Puyol (C), 4-Rafael Marquez, 12-Giovanni van Bronckhorst; 15-Edmilson (24-Andres Iniesta, 46'), 20-Deco, 17-Van Bommel (7-Henrik Larsson, 61'); 8-Giuly, 10-Ronaldinho, 9-Eto'o.

Cadangan: 25-Albert Jorquera (PG), 2-Juliano Belletti, 6-Xavi Hernandez, 24-Andres Iniesta, 3-Thiago Motta, 7-Henrik Larsson, 11-Maxi Lopez.

Pelatih: Frank Rijkaard.

Arsenal (4-4-2): 1-Jens Lehmann (PG); 27-Emmanuel Eboue, 28-Kolo Toure, 23-Sol Campbell, 3-Ashley Cole; 15-Fabregas, 19-Gilberto Silva, 13-Aleksandr Hleb, 7-Robert Pires; 8-Freddie Ljungberg, 14-Thierry Henry.

Cadangan: 24-Manuel Almunia (PG), 22-Gael Clichy, 16-Mathiue Flamini, 20-Philippe Senderos, 10-Dennis Bergkamp, 9-Jose Antonio Reyes, 11-Robin van Persie.

Pelatih: Arsene Wenger.

https://bola.kompas.com/read/2020/05/17/18310408/sejarah-hari-ini-gol-telat-etoo-dan-belletti-bawa-barcelona-raih-trofi-kedua-di

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.