Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IFAB Setujui Proposal FIFA soal Lima Kali Pergantian Pemain

KOMPAS.com - Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) telah menyetujui usulan dari Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) terkait lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Keputusan itu resmi diumumkan melalui laman resmi IFAB pada Jumat (8/5/2020) waktu setempat.

IFAB telah menyetujui permintaan dari FIFA terkait usulan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Nantinya aturan tersebut hanya berlaku sementara yang akan berakhir pada 31 Desember 2020, atau tepatnya untuk musim 2019-2020 ini saja.

"Amandemen sementara mulai berlaku dengan efek langsung dan telah dibuat karena pertandingan dapat dimainkan dalam periode yang singkat dalam kondisi yang berbeda, yang dapat berdampak pada kesehatan pemain," bunyi pernyataan IFAB dikutip dari laman resmi.

IFAB juga mengonfirmasi bahwa aturan ini akan bergantung pada kebijaksanaan masing-masing penyelenggara kompetisi individu.

"Keputusan apakah akan menerapkan amandemen sementara ini akan tetap pada kebijaksanaan masing-masing penyelenggara kompetisi individu."

"IFAB dan FIFA akan menentukan pada tahap selanjutnya apakah amandemen sementara ini perlu diperpanjang lebih lanjut (misalnya untuk kompetisi yang akan diselesaikan pada 2021)," tulis keterangan tersebut.

Selain itu, IFAB juga telah mengubah aturan terkait video assistant referee (VAR). IFAB telah memberi izin kepada pengelola liga untuk memilih berhenti menggunakan teknologi tersebut.

Namun, hal itu dengan kebijakan kompetisi masing-masing.

"Sehubungan dengan kompetisi di mana sistem VAR diimplementasikan, kompetisi ini diizinkan untuk berhenti digunakan pada saat restart atas kebijakan masing-masing penyelenggara kompetisi individu." 

"Namun, di mana VAR digunakan, semua aspek dari hukum pertandingan, protokol VAR akan tetap di tempatnya," demikian pernyataan resmi IFAB.

Saat ini, beberapa liga di dunia sudah mulai bersiap untuk menggulirkan kompetisi.

Salah satunya, K-League, kasta teratas Liga Korea Selatan, yang menjadi kompetisi pertama yang melangsungkan liganya pada Jumat (8/5/2020) waktu setempat.

Sementara itu, Bundesliga, kasta teratas Liga Jerman, akan kembali bergulir pada Sabtu (16/5/2020).

Keputusan soal tanggal kick-off itu diambil setelah DFL, selaku operator kompetisi, mendapat izin dari Pemerintah Jerman.

Berikut mengenai peraturan pergantian lima pemain dalam satu laga yang dikeluarkan oleh IFAB:

1. Setiap tim akan diizinkan untuk menggunakan maksimal lima pengganti.

2. Demi mengurangi gangguan selama pertandingan, setiap tim akan memiliki maksimal tiga kesempatan untuk melakukan pergantian pemain selama pertandingan; penggantian juga dapat dilakukan saat jeda antarbabak.

3. Jika kedua tim mengganti pemain pada saat yang sama, ini akan dihitung sebagai satu dari tiga kesempatan untuk masing-masing tim.

4. Pergantian pemain yang tidak digunakan selama 90 menit akan tetap berlaku hingga babak tambahan.

https://bola.kompas.com/read/2020/05/09/03000008/ifab-setujui-proposal-fifa-soal-lima-kali-pergantian-pemain

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke