Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Demi Persib, Nick Kuipers Tak Menyesal Tolak Tawaran Klub Belanda

Bek berusia 26 tahun itu juga mengaku bahagia bisa bergabung bersama klub berjulukan Maung Bandung.

Kuipers berlabuh di Persib pada jendela transfer tengah musim Liga 1 2019. Sebelum direkrut Persib, Kuipers tercatat sebagai pemain dari salah satu tim kontestan Eredivisie, ADO Den Haag.

Dengan rekam jejak tersebut, Kuipers jelas bukan pemain sembarang.

Terlebih lagi, status Kuipers di ADO Den Haag adalah pemain dari skuad utama. Pada musim 2018-2019, Kuipers tampil dalam 21 pertandingan bersama ADO Den Haag di semua kompetisi.

Sementara itu, pada awal musim 2019-2020, Kuipers sempat bermain dalam satu pertandingan pada pekan pertama Eredivisie menghadapi FC Utrecht.

Dalam pertandingan dengan skor 4-2 untuk kemenangan Utrecht, Kuipers tampil selama 22 menit.

Melihat usianya yang baru 26 tahun, Kuipers sejatinya memiliki kesempatan untuk terus berkiprah di Eropa. Kesempatan tersebut memang ada.

Pasalnya, sebelum memutuskan untuk menerima pinangan Persib, Kuipers sempat mendapatkan tawaran dari sejumlah klub Belanda.

Hanya, dengan berbagai pertimbangan, Kuipers mengabaikan tawaran tersebut. Dia lebih memilih bergabung bersama Persib.

Kuipers pun mengaku tak menyesal dengan pilihannya itu karena dia merasa bahagia menjadi bagian dari Persib.

"Sebelum bergabung bersama Persib, memang ada tawaran dari beberapa klub di Belanda. Namun, saya bicara dengan pelatih di sini (Robert Alberts) dan bicara dengan orang-orang di klub (manajemen)," kata Kuipers, beberapa waktu lalu.

"Mereka bisa meyakinkan saya untuk bergabung bersama klub ini. Sejauh ini, saya sama sekali tidak merasa menyesal pindah ke sini (Persib)," kata dia.

Kuipers adalah pemain penting di lini belakang Persib. Pada musim perdananya merumput bersama Persib, Kuipers hanya absen dalam satu pertandingan.

Kuipers absen saat Persib memainkan laga terakhirnya di Liga 1 2019 melawan PSM Makassar. Saat itu, Kuipers absen karena akumulasi kartu kuning.

Adapun pada Liga 1 2020, Kuipers pun tak pernah absen dalam tiga laga yang dilakoni Persib.

Selama lebih kurang sembilan bulan membela panji Maung Bandung, Kuipers pun sudah melewati berbagai momen bersama Persib.

Paling dia ingat, dan menjadi momen terbaiknya bersama Pangeran Biru adalah saat dia berhasil membukukan gol debutnya untuk Persib.

Gol debut Kuipers untuk Persib dibukukan dalam laga pekan ke-18 Liga 1 2010 atau pertandingan keduanya bersama Persib.

Saat itu, Maung Bandung berhadapan dengan Tira-Persikabo dan Kuipers mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-45. Sebelumnya, Persib sempat tertinggal pada menit ke-16 melalui Osas Saha.

"Itu adalah satu momen paling berkesan buat saya. Itu juga gol pertama saya untuk Persib. Tentunya, yang pertama selalu terasa spesial," ujar Kuipers.

Tidak hanya gol debutnya, Kuipers pun menjadikan setiap laga kandang yang dijalani bersama Persib sebagai momen terbaik. Menurut dia, atmosfer sepak bola di Bandung sangat luar biasa.

Suasana stadion selalu meriah ketika Persib melakoni laga kandang. Menurut Kuipers, semua pesepak bola selalu menginginkan tampil dalam pertandingan dengan atmosfer yang bagus.

"Masih banyak hal berkesan lainnya yang saya alami. Ketika main di kandang dan stadion diisi penuh oleh suporter juga merupakan hal yang luar biasa," kata dia.

https://bola.kompas.com/read/2020/05/03/07400058/demi-persib-nick-kuipers-tak-menyesal-tolak-tawaran-klub-belanda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke