Salin Artikel

Umuh Muchtar Nilai Tommy Apriantono Layak Jadi Pengganti Ratu Tisha

BANDUNG, KOMPAS.com - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, mengungkapkan harapannya kepada PSSI yang genap berusia 90 tahun pada Minggu (19/4/2020).

Umuh berharap, federasi sepak bola Indonesia itu semakin maju.

Lebih lanjut, Umuh pun berharap agar PSSI bisa menyelesaikan beberapa persoalan di lingkup sepak bola nasional.

Paling krusial tentunya mendapatkan sosok yang tepat untuk mengisi posisi sekretaris jenderal (sekjen), yang sebelumnya ditempati Ratu Tisha Destria.

Seperti diketahui, Ratu Tisha Destria memutuskan mundur dari jabatan Sekjen PSSI.

Mengingat posisi sekjen sangat krusial, PSSI harus segera mencari pengganti yang tepat.

"Mudah-mudahan ke depan di ulang tahun PSSI ini kita diberikan kelancaran dan kebaikan dengan musibah seperti ini, di PSSI juga khususnya sekarang, tidak ada sekjen setelah Tisha kemarin mundur," kata Umuh.

"Semoga cepat terbentuk (ada penggantinya) ke depan bisa lebih baik, kalau corona sudah selesai juga mudah-mudahan PSSI cepat bangkit," kata dia.

Disinggung mengenai sosok yang tepat dalam mengemban amanah sebagai Sekjen PSSI, Umuh mengatakan, sosok tersebut harus memiliki loyalitas dan tekad yang besar dalam memajukan sepak bola Indonesia.

Selain itu, sosok tersebut pun harus memiliki pengalaman dan wawasan mengenai seluk-beluk sepak bola.

"Kalau calon sekjen itu orang yang harus punya pengalaman dan juga dedikasi yang tinggi, itu sesuai dengan pengalaman mereka pendidikan mereka," tutur Umuh.

"Bukan soal sering ngurus sepak bola atau klub, atau di PSSI, tetapi di situ harus benar-benar orang yang loyal dan bisa menghabiskan waktu di situ di PSSI," kata dia.

Dalam pandangan Umuh, sosok Tommy Apriantono dianggap ideal untuk mengemban jabatan Sekjen PSSI.

Menurut Umuh, Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat (Jabar) itu memiliki modal yang bagus untuk menjadi sekjen.

Sebab, Tommy tidak hanya berpengalaman dalam mengurus organisasi sepak bola, tetapi latar belakangnya juga.

Seperti diketahui, Tommy berlatar belakang sebagai akademisi di bidang sepak bola. Dia tercatat sebagai salah satu dosen di Fakultas Keolahragaan di Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Karena sekjen itu, lebih sibuk daripada ketua itu pertanggungjawabannya banyak. Karena pekerjaannya lebih padat," tutur Umuh.

"Saya mengajukan, ada dosennya Tisha dulu di ITB, Ketua Asprov Jabar, Pak Tommy ya. Menurut saya, dia pantas dan sesuai dengan pengalaman, punya dedikasi, dan sesuai jalurnya juga," kata dia.

https://bola.kompas.com/read/2020/04/19/21300098/umuh-muchtar-nilai-tommy-apriantono-layak-jadi-pengganti-ratu-tisha

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.