Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

FIGC Minta Euro 2020 Ditunda agar Liga Italia Bisa Selesai

Saat ini, Liga Italia masih ditunda sampai 3 April 2020 karena pandemi virus corona.

Liga Italia terpaksa ditunda setelah FIGC bertemu dengan Komite Olimpide Nasional Italia (CONI) dan pemerintah pada Selasa (10/3/2020).

Keputusan itu membuat FIGC ragu Liga Italia akan selesai tepat pada 24 Mei 2020, bahkan jika harus diperpanjang sampai 31 Mei.

Keraguan FIGC didasari oleh masih adanya empat laga tunda Liga Italia dan Coppa Italia yang belum rampung.

Di sisi lain, Italia juga harus mempersiapkan diri menjadi tuan rumah pembukaan Piala Eropa atau Euro 2020 pada 12 Juni mendatang.

Terkait dengan hal ini, Gabriele Gravina meminta UEFA menunda Euro 2020 agar semua divisi Liga Italia dan Coppa Italia bisa selesai.

Saran itu diajukan Gabriele Gravina juga karena berbagai kompetisi di Eropa saat ini untuk sementara berhenti karena virus corona.

"Kami masih akan menunggu pertemuan petinggi UEFA pekan depan. Namun, kami menyarankan agar agenda internasional (Euro 2020) untuk dijadwalkan ulang," kata Gabriele Gravina dikutip dari situs Football Italia.

"Kompetisi domestik di berbagai belahan dunia saat ini sudah memasuki tahap akhir. Jadi menyelesaikan liga dan piala domestik harus menjadi prioritas daripada agenda internasional," ujar Gabriele Gravina menambahkan.

Menurut Football Italia, permintaan Gabriele Gravina untuk menunda Euro 2020 tidak lepas dari penolakan semua tim terhadap tiga opsi yang diajukan FIGC jika Liga Italia terpaksa terpaksa dihentikan.

Tiga opsi yang diajukan FIGC adalah tidak ada tim juara dan degradasi, penentuan tim juara dan degradasi ditentukan melalui playoff, dan menyudahi kompetisi sesuai dengan klasemen sebelum Liga Italia dihentikan.

Jika opsi terakhir diambil FIGC, Juventus yang saat ini memimpin klasemen akan dinobatkan menjadi juara Liga Italia.

Terkait dengan tiga opsi itu, Gabriele Gravina menyebut opsi playoff adalah solusi paling terbaik yang bisa diterapkan di Liga Italia.

"Tujuan utama kami tentunya bisa menyelesaikan Liga Italia musim ini sesuai dengan rencana. Namun, ada tiga opsi yang bisa diambil dan kami punya wewenang penuh menentukan itu," kata Gabriele Gravina.

"Gagasan playoff adalah cara lama jika kami pada akhirnya tidak memiliki waktu untuk menyelesaikan kompetisi. Jumlah tim yang berpartisipasi dalam playoff masih bisa didiskusikan," tutur Gabriele Gravina.

Melihat perkembangan penyebaran virus corona di Eropa saat ini, muncul rumor jika jadwal Euro 2020 akan digeser dari pertengahan tahun ke Desember.

Rumor itu akan terjawab setelah pertemuan para petinggi UEFA yang rencananya akan digelar pada Selasa (17/3/2020) mendatang.

https://bola.kompas.com/read/2020/03/15/20050068/figc-minta-euro-2020-ditunda-agar-liga-italia-bisa-selesai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke