Salin Artikel

Bintang Basket Kevin Durant Minta Ganja Dilegalkan di NBA

KOMPAS.com - Bintang liga bola basket Amerika Serikat, Kevin Durant, kembali melontarkan pernyataan dukungannya untuk legalisasi ganja di NBA.

Meski mulai legal untuk dikonsumsi masyarakat umum di beberapa negara bagian Amerika Serikat, ganja masih menjadi satu dari 200 zat yang dilarang dikonsumsi para bintang NBA.

Bagi Durant, legalisasi ganja seharusnya bukan sesuatu yang perlu lagi diperdebatkan.

Pasalnya, ia menilai ganja bukanlah zat yang berbahaya.

"Jika Anda menyukainya, Anda menyukainya. Jika tidak, Anda bahkan tidak akan menyentuhnya. Seharusnya tidak menjadi perdebatan pada hari ini," kata bintang Brooklyn Nets itu, dikutip dari New York Post.

Ini bukan pertama kali Durant menyatakan dukungannya pada legalisasi ganja, terutama sejak ia bekerja sama dengan perusahaan modal ventura yang berspesialisasi dalam ganja dan bermitra dengan Snoop Dogg untuk mendukung startup ganja bernama Dutchie.

Menurut Durant, ganja dicap buruk hanya karena stigma di tengah masyarakat.

Ia membandingkannya dengan objek yang dianggap serupa tetapi lebih diterima di masyarakat, seperti kafein dan minuman keras.

“Semua orang di tim saya minum kopi setiap hari, minum kafein setiap hari. Ada juga orang-orang yang pergi minum wine setelah pertandingan atau minum-minum di sana-sini. Ganja harus diperlakukan sama,” kata atlet 31 tahun itu.

"Mudah-mudahan kita bisa melewati itu dan stigma di sekitarnya dan tahu bahwa ganja tidak akan menimbulkan apa-apa selain membuat orang bersenang-senang, membuat orang berkumpul bersama. Tanaman itu menyatukan kita semua," ucap mantan pemain Golden State Warriors itu.

MLB menghapus ganja dari daftar zat terlarang pada bulan Desember lalu, sedangkan NHL tidak menghukum pemain yang dinyatakan positif mengkonsumsi ganja.

Belum lama ini, pemain Miami Heat, Dion Waiters diskors 10 pertandingan setelah mengkonsumsi gummy gulma dan kemudian mengalami serangan panik (panic attack) di dalam pesawat tim.

Pemain NBA lain yang telah diskors untuk penggunaan ganja adalah Thabo Sefolosha, Nerlens Noel, Larry Sanders dan J.R. Smith.

“Kami akan mulai berusaha untuk membantu orang yang memakai ganja keluar dari penjara. Itu langkah selanjutnya," kata Durant.

"Teruslah melangkah karena itu adalah tanaman yang bisa ada di sini karena suatu alasan, dan itu untuk menyatukan kita. Semoga itu terjadi (menghapus ganja dari daftar zat terlarang), terutama di NBA," ucap Durant.

https://bola.kompas.com/read/2020/02/29/13200018/bintang-basket-kevin-durant-minta-ganja-dilegalkan-di-nba

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.