Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memahami Format Baru Piala Super Spanyol, Alasan hingga Pembagian Hadiah

KOMPAS.com - Supercopa de Espana atau Piala Super Spanyol bakal bergulir pekan depan pada 9-12 Januari mendatang.

Musim ini, kompetisi Piala Super Spanyol berganti format dengan mempertemukan empat tim Liga Spanyol, mereka adalah dua tim teratas LaLiga dan kedua finalis Copa del Rey.

Empat tim yang bakal berlaga di Piala Super Spanyol musim ini yakni Barcelona (juara LaLiga), Valencia (juara Copa del Rey), serta Atletico Madrid dan Real Madrid yang merupakan tim peringkat kedua dan ketiga La Liga musim lalu.

Sebelumnya, Piala Super Spanyol hanya mempertemukan dua tim yakni juara LaLiga dan juara Copa del Rey.

Dilansir dari BBC, perubahan format dari dua tim menjadi empat tim dalam kompetisi Piala Super Spanyol diharapkan bisa meningkatkan ketertarikan penggemar sepak bola di Spanyol.

"Dengan format ini, kami bisa lebih memperkenalkan brand klub-klub Spanyol," kata Presiden RFEF, Luis Rubiales.

Bukan hanya mengubah format menjadi empat tim, Piala Super Spanyol juga tak lagi dimainkan di Spanyol. Kompetisi Piala Super Spanyol digelar di Arab Saudi.

Piala Super Spanyol bakal berlangsung di Arab Saudi selama tiga musim ke depan.

Uniknya, pihak RFEF dan pemerintah Arab Saudi juga sepakat mengizinkan wanita Arab Saudi untuk menyaksikan Piala Super Spanyol di Stadion King Abdullah Sports City.

"Perempuan akan diizinkan menonton laga-laga tersebut secara bebas, tanpa batasan, dan tidak akan ada area stadion yang khusus diperuntukkan untuk mereka. Itu tertulis dalam kontrak dengan pemerintah Arab Saudi," kata Rubiales, dikutip dari AS.

"Arab Saudi bagus untuk sepak bola Spanyol dan penting bagi kami agar diakui karena negara ini ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia," lanjutnya menambahkan.

Kendati demikian, perubahan format baru Piala Super Spanyol bukan tidak menemukan hambatan dan ketidaksetujuan dari klub yang berpartisipasi.

Valencia yang merupakan juara Copa del Rey 2018-19 sempat menyatakan ketidaksetujuannya terkait pembagian hadiah meski sudah menandatangani kesepakatan kontrak bakal bermain di Piala Super Spanyol.

Dikutip dari Marca, Barcelona dan Real Madrid dikabarkan bakal menerima hadiah sebesar 6,8 juta euro, sementara distribusi keuangan yang bakal dibayarkan ke Valencia hanya sejumlah 2,5 juta euro.

Valencia dikabarkan setuju dengan pihak RFEF untuk menyelesaikan masalah secara tertulis antara kedua pihak.

Akan tetapi, media sama memberitakan bahwa kesepakatan itu akhirnya batal dan Valencia tetap berlaga di babak semifinal Piala Super Spanyol pada pekan depan.

Adapun babak semifinal Piala Super Spanyol mempertemukan Valencia dengan Real Madrid, sementara juara La Liga musim lalu, Barcelona berhadapan dengan Atletico Madrid.

Laga Valencia vs Real Madrid berlangsung hari Kamis (9/1/2020) sementara Barcelona vs Atletico Madrid digelar sehari setelahnya.

Sementara laga final dijadwalkan berlangsung hari Minggu (12/1/2020). Ketiga laga tersebut akan digelar di Stadion King Abdullah Sports City, Arab Saudi.

https://bola.kompas.com/read/2020/01/05/19000028/memahami-format-baru-piala-super-spanyol-alasan-hingga-pembagian-hadiah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke